Branding Specialist

  Profil Profesi

Sebagai branding specialist, tugas utama adalah mengembangkan strategi branding untuk produk atau layanan perusahaan.

Melakukan riset pasar dan analisis kompetitor untuk mengidentifikasi kebutuhan dan preferensi target audiens dalam rangka membangun identitas merek yang kuat.

Selain itu, pekerjaan ini juga melibatkan pengembangan konten branding, seperti logo, slogan, dan pesan merek, serta mengawasi implementasi strategi branding dalam komunikasi pemasaran secara keseluruhan.

Apa saya cocok bekerja sebagai Branding specialist?

Profil orang yang cocok untuk tipe pekerjaan Branding Specialist adalah seorang yang kreatif, memiliki pemahaman mendalam tentang pasar dan tren, dan mampu mengkomunikasikan nilai dan identitas merek dengan baik.

Dalam pekerjaan ini, seorang kandidat juga harus memiliki keterampilan analitis yang kuat dan mampu mengambil keputusan strategis untuk mengembangkan strategi branding yang efektif.

Jika kamu adalah seorang yang kurang kreatif, kurang peka terhadap tren dan citra merek, serta kurang mampu beradaptasi dengan perubahan konstan dalam industri, kemungkinan kamu tidak cocok dengan pekerjaan branding specialist.

Konsep, ekspektasi dan realita

Miskonsepsi tentang Branding Specialist adalah ekspektasi bahwa mereka hanya bertanggung jawab untuk menciptakan logo dan desain visual, padahal sebenarnya mereka juga harus mengembangkan strategi merek secara menyeluruh.

Realita dari profesi Branding Specialist adalah bahwa mereka harus memiliki pemahaman mendalam tentang pasar, kompetitor, dan target audiens, bukan hanya berfokus pada aspek kreatif semata.

Perbedaan dengan profesi yang mirip, seperti Graphic Designer, adalah bahwa Branding Specialist memiliki tanggung jawab yang lebih luas, melibatkan pengembangan strategi, riset pasar, menciptakan pengalaman merek yang konsisten, dan mengelola citra merek secara keseluruhan.

Jurusan Kuliah yang Mendukung

Komunikasi Massa
Desain Grafis
Public Relations
Pemasaran
Hubungan Internasional
Psikologi
Teknologi Informasi
Manajemen Bisnis
Ilmu Komunikasi
Seni Rupa atau Desain Produk

Contoh perusahaan atau institusi yang membutuhkan

PT Unilever Indonesia
PT Indofood Sukses Makmur Tbk
PT Telkom Indonesia
PT Bank Mandiri (Persero) Tbk
PT Astra International Tbk
PT Kalbe Farma Tbk
PT Garuda Indonesia (Persero) Tbk
PT Bank Central Asia (Persero) Tbk
PT XL Axiata Tbk
PT Tokopedia