Sebagai Channel Sales Manager, tugas utama adalah mengelola dan mengawasi saluran distribusi penjualan perusahaan.
Melakukan identifikasi dan seleksi mitra bisnis yang potensial untuk menjalin kerjasama dalam penjualan produk atau layanan perusahaan.
Berkomunikasi dan bekerja sama dengan mitra bisnis untuk mencapai target penjualan, memberikan dukungan pemasaran, dan menyediakan pelatihan tentang produk atau layanan.
Profil orang yang cocok untuk tipe pekerjaan Channel Sales Manager adalah seorang yang memiliki kemampuan komunikasi yang sangat baik, memiliki keterampilan negosiasi yang kuat, serta mampu mengembangkan dan memelihara hubungan baik dengan mitra bisnis.
Seorang Channel Sales Manager yang sukses juga harus memiliki kemampuan analitis yang tinggi untuk mengidentifikasi peluang pasar dan mengambil keputusan strategis yang tepat dalam mengelola jaringan distribusi.
Orang yang tidak memiliki kemampuan komunikasi yang baik, tidak memiliki minat dalam mengembangkan hubungan bisnis dan tidak mampu menjual produk secara efektif tidak cocok menjadi seorang Channel Sales Manager.
Miskonsepsi tentang profesi Channel Sales Manager adalah bahwa mereka hanya bertanggung jawab untuk menjual produk, padahal sebenarnya mereka juga harus bertanggung jawab dalam mengembangkan strategi penjualan, membangun hubungan dengan mitra bisnis, dan mengelola tim penjualan.
Ekspektasi yang seringkali tidak sesuai dengan realita adalah bahwa Channel Sales Manager akan langsung mendapatkan hasil penjualan yang besar dalam waktu singkat, padahal dalam kenyataannya, proses membangun hubungan dengan mitra bisnis dan mencapai target penjualan membutuhkan waktu dan upaya yang besar.
Perbedaan dengan profesi yang mirip, seperti Sales Executive atau Sales Representative, adalah bahwa seorang Channel Sales Manager memiliki tanggung jawab yang lebih luas karena mereka harus mengelola hubungan dengan berbagai mitra bisnis dan mengkoordinasikan upaya penjualan antara perusahaan dan mitra bisnis tersebut.