Customer Service Logistik

  Profil Profesi

Pekerjaan di bidang Customer Service Logistik melibatkan pelayanan dan komunikasi dengan pelanggan terkait kebutuhan logistik mereka.

Tugas utama meliputi pengelolaan pesanan, penjadwalan pengiriman, dan penyelesaian masalah yang terkait dengan pengiriman barang.

Selain itu, pekerjaan ini juga melibatkan koordinasi dengan tim logistik internal dan mitra eksternal untuk memastikan pengiriman barang sesuai dengan waktu yang dijanjikan kepada pelanggan.

Apa saya cocok bekerja sebagai Customer Service Logistik?

Profil orang yang cocok untuk tipe pekerjaan Customer Service Logistik adalah seorang yang ramah, komunikatif, dan memiliki kemampuan multitasking yang baik, sehingga dapat memberikan pelayanan terbaik kepada pelanggan dalam mengatasi masalah logistik.

Seorang kandidat juga perlu memiliki kemampuan analitis yang baik dalam mengatasi situasi yang kompleks dan memastikan pengiriman barang sesuai dengan tenggat waktu yang ditentukan.

Jika kamu adalah seseorang yang kurang sabar, tidak dapat menghadapi tekanan dari pelanggan yang tidak puas, dan tidak memiliki kemampuan komunikasi interpersonal yang baik, kemungkinan kamu akan tidak cocok dengan pekerjaan sebagai Customer Service Logistik.

Konsep, ekspektasi dan realita

Miskonsepsi tentang Customer Service Logistik adalah bahwa pekerjaannya hanya menerima panggilan dan memberikan informasi. Namun, dalam realita, mereka juga bertanggung jawab untuk menangani pertanyaan, keluhan, dan masalah pelanggan dengan efektif.

Ekspektasi mengenai Customer Service Logistik adalah bahwa mereka harus memiliki pengetahuan lengkap tentang setiap aspek logistik. Namun, kenyataannya, mereka memiliki pemahaman yang lebih spesifik dalam bidang logistik, seperti mengatur pengiriman, melacak pesanan, atau menangani retur.

Perbedaan dengan profesi yang mirip seperti Customer Service biasa adalah bahwa Customer Service Logistik lebih banyak terlibat dalam mengelola logistik secara keseluruhan. Mereka bekerja dengan tim internal dan eksternal untuk memastikan pengiriman tepat waktu, pemecahan masalah logistik, dan memberikan pengalaman pelanggan yang baik terkait dengan aspek logistik.

Jurusan Kuliah yang Mendukung

Manajemen Logistik
Manajemen Perdagangan Internasional
Manajemen Distribusi dan SCM (Supply Chain Management)
Teknik Industri
Administrasi Bisnis
Teknologi Informasi
Logistik dan Transportasi
Manajemen Proyek
Bisnis Internasional
Pemasaran dan Komunikasi Pemasaran

Contoh perusahaan atau institusi yang membutuhkan

PT Pos Indonesia
PT Jasa Marga (Persero) Tbk
PT Kereta Api Indonesia (Persero)
PT Satria Antaran Prima
PT Mitrabahtera Segara Sejati Tbk
PT Mitra Adiperkasa Tbk
PT Bukalapak.com
PT JD.ID
PT Tokopedia
PT Lazada E-Services Indonesia