Sebagai Customer Service Manager, tugasnya adalah mengelola tim customer service dan memastikan bahwa layanan pelanggan yang diberikan di perusahaan berjalan dengan lancar.
Tanggung jawabnya meliputi mengawasi kinerja tim, mengelola keluhan pelanggan, dan menyediakan solusi yang memuaskan pelanggan.
Selain itu, Customer Service Manager juga bertanggung jawab untuk meningkatkan kepuasan pelanggan dengan cara melaksanakan program pelatihan bagi tim agar dapat memberikan pelayanan yang lebih baik.
Profil orang yang cocok untuk tipe pekerjaan Customer Service Manager adalah seseorang yang memiliki kemampuan komunikasi yang kuat, mampu menjaga hubungan baik dengan pelanggan, dan memiliki kemampuan memimpin tim dengan efektif.
Sebagai Customer Service Manager, seorang kandidat juga harus memiliki pemahaman yang baik tentang produk atau layanan perusahaan, serta dapat mengatasi konflik dengan cara yang profesional dan solutif.
Orang yang tidak cocok untuk menjadi Customer Service Manager adalah mereka yang tidak memiliki kemampuan komunikasi yang baik, kekurangan empati dan tidak sabar dalam menangani keluhan pelanggan.
Banyak orang menganggap bahwa Customer Service Manager hanya perlu menjawab panggilan telepon dan menyelesaikan keluhan pelanggan, padahal sebenarnya mereka juga bertanggung jawab dalam mengembangkan strategi pelayanan pelanggan yang efektif.
Ekspektasi orang terhadap Customer Service Manager adalah mereka harus selalu ramah dan sabar dalam menghadapi pelanggan yang sulit, namun realitanya mereka juga harus menghadapi tekanan dan konflik yang mungkin terjadi dalam penyelesaian masalah pelanggan.
Perbedaan dengan profesi yang mirip seperti Customer Support adalah, Customer Service Manager memiliki tugas yang lebih luas dan bertanggung jawab dalam mengatur tim customer service, memonitor kinerja, serta melibatkan diri dalam pengambilan keputusan strategis dalam meningkatkan kualitas pelayanan pelanggan, sementara Customer Support lebih fokus pada penyelesaian masalah langsung dengan pelanggan.