Destination Management Officer

  Profil Profesi

Pekerjaan sebagai destination management officer melibatkan pengelolaan dan pengorganisasian destinasi pariwisata.

Tugas utama meliputi merencanakan dan mengkoordinasi paket perjalanan, reservasi akomodasi, transportasi, dan kegiatan lainnya untuk memastikan pengalaman wisata yang menyenangkan.

Selain itu, pekerjaan ini juga melibatkan komunikasi dengan mitra pariwisata, seperti hotel, maskapai penerbangan, dan agen perjalanan, untuk menjalin kerjasama dan memastikan kebutuhan wisatawan terpenuhi dengan baik.

Apa saya cocok bekerja sebagai Destination management officer?

Profil orang yang cocok untuk tipe pekerjaan Destination Management Officer adalah seseorang yang memiliki pengetahuan yang luas tentang destinasi wisata, memiliki keterampilan komunikasi yang baik, dan mampu bekerja dengan berbagai pihak terkait seperti pihak hotel, maskapai penerbangan, dan agen perjalanan.

Dalam posisi ini, seorang kandidat juga perlu memiliki kemampuan negosiasi yang baik, memiliki jiwa kepemimpinan, dan dapat bekerja dengan efisien dalam situasi yang penuh tekanan.

Orang yang tidak cocok dengan pekerjaan sebagai destination management officer adalah mereka yang tidak suka bepergian, tidak memiliki pengetahuan tentang tempat-tempat wisata, dan tidak memiliki kemampuan komunikasi yang baik.

Konsep, ekspektasi dan realita

Miskonsepsi tentang profesi Destination Management Officer adalah bahwa pekerjaannya hanya sebatas mengatur liburan atau perjalanan wisata. Namun, dalam realitasnya, mereka bertanggung jawab untuk mengelola destinasi wisata secara keseluruhan, termasuk pengembangan pariwisata, pemasaran, pengelolaan acara, dan membantu meningkatkan ekonomi lokal.

Ekspektasi yang salah tentang Destination Management Officer adalah bahwa pekerjaan mereka hanya melibatkan bepergian dan mengunjungi tempat-tempat wisata yang indah. Padahal, pekerjaan ini juga melibatkan tugas administratif seperti pengelolaan anggaran, analisis pasar, dan pembuatan kebijakan pariwisata.

Perbedaan antara Destination Management Officer dengan profesi yang mirip, seperti Tour Guide, adalah bahwa Destination Management Officer berkonsentrasi pada pengelolaan destinasi wisata secara keseluruhan, sementara Tour Guide lebih fokus pada memberikan informasi dan pengalaman wisata kepada para pelancong selama perjalanan mereka.

Jurusan Kuliah yang Mendukung

Pariwisata dan Perhotelan
Studi Pariwisata
Manajemen Perjalanan dan Pariwisata
Manajemen Event
Komunikasi Pariwisata
Ekonomi Pariwisata
Manajemen Hotel dan Restoran
Bisnis Perjalanan dan Pariwisata
Manajemen Perjalanan Bisnis
Manajemen Destinasi Pariwisata

Contoh perusahaan atau institusi yang membutuhkan

PT Astra International Tbk
PT Telkom Indonesia Tbk
PT Unilever Indonesia Tbk
PT Bank Mandiri (Persero) Tbk
PT Pelayaran Tempuran Emas Tbk
PT Lion Mentari Airlines
PT Kimia Farma (Persero) Tbk
PT Garuda Indonesia (Persero) Tbk
PT Indosat Tbk
PT Pertamina (Persero)