Digital Content Manager

  Profil Profesi

Sebagai seorang Digital Content Manager, tugas utama adalah mengelola dan mengoptimalkan konten digital untuk meningkatkan visibilitas dan kehadiran online suatu perusahaan atau merek.

Pekerjaan ini meliputi strategi pembuatan konten, pengaturan jadwal publikasi, serta analisis dan pelaporan performa konten yang telah dipublish.

Selain itu, seorang Digital Content Manager juga bertanggung jawab untuk mengembangkan strategi pemasaran konten yang kreatif dan efektif untuk mencapai tujuan perusahaan atau merek.

Apa saya cocok bekerja sebagai Digital Content Manager?

Profil orang yang cocok untuk tipe pekerjaan Digital Content Manager adalah seseorang yang kreatif, memiliki pengetahuan dan pemahaman yang baik dalam hal strategi pemasaran digital, serta mampu menghasilkan konten yang menarik dan relevan.

Sebagai Digital Content Manager akan memerlukan kemampuan yang kuat dalam analisis data, serta keahlian dalam mengelola dan mengoptimalkan platform online untuk mencapai tujuan bisnis perusahaan.

Jika kamu tidak memiliki keahlian dan minat dalam content creation, tidak menguasai media sosial dan plataforma pemasaran digital, maka kemungkinan kamu tidak cocok dengan pekerjaan sebagai Digital Content Manager.

Konsep, ekspektasi dan realita

Miskonsepsi tentang profesi Digital Content Manager adalah bahwa pekerjaannya hanya sebatas mengelola konten online, padahal sebenarnya mereka juga bertanggung jawab untuk merencanakan strategi pemasaran dan mengelola tim kreatif.

Ekspektasi yang salah tentang profesi ini adalah bahwa mereka hanya perlu bisa menulis dan mengedit konten, padahal pada kenyataannya mereka juga harus memiliki pemahaman yang kuat tentang data analisis dan tren dalam industri mereka.

Perbedaan dengan profesi yang mirip, seperti Content Writer, adalah bahwa Digital Content Manager juga harus memiliki kemampuan untuk mengelola dan mengoptimalkan platform online, serta memiliki keterampilan dalam pengembangan strategi dan pengukuran kesuksesan kampanye pemasaran.

Jurusan Kuliah yang Mendukung

Ilmu Komunikasi
Marketing
Jurnalistik
Desain Grafis
Teknologi Informasi
Public Relations
Manajemen Bisnis
Multimedia
Komunikasi Visual
Pemasaran Digital

Contoh perusahaan atau institusi yang membutuhkan

Tokopedia
Gojek
Bukalapak
Traveloka
Blibli
PT Astra International Tbk
PT Unilever Indonesia Tbk
PT Bank Mandiri (Persero) Tbk
PT Telkom Indonesia (Persero) Tbk
PT XL Axiata Tbk