Pekerjaan sebagai dosen teknologi pembelajaran melibatkan pengajaran dan pengembangan materi teknologi pembelajaran di perguruan tinggi.
Tugas utama meliputi menyusun kurikulum, merancang materi pembelajaran yang interaktif dan inovatif, serta mengajar mahasiswa menggunakan berbagai teknologi.
Selain itu, pekerjaan ini juga melibatkan penelitian dan pengembangan teknologi pembelajaran baru, serta berkolaborasi dengan dosen dan peneliti lain dalam mengembangkan pendekatan pembelajaran yang efektif dan menarik.
Orang yang cocok untuk menjadi seorang Dosen Teknologi Pembelajaran adalah seorang yang memiliki pengetahuan mendalam tentang teknologi dan pembelajaran, serta memiliki kemampuan komunikasi yang baik dalam menyampaikan materi kepada mahasiswa.
Jika kamu tidak memiliki minat dan pengetahuan yang cukup dalam teknologi pembelajaran, maka kamu tidak cocok menjadi seorang dosen teknologi pembelajaran.
Miskonsepsi tentang profesi Dosen Teknologi Pembelajaran adalah bahwa mereka hanya perlu menguasai teknologi dan tidak terlalu perlu memiliki latar belakang pendidikan yang kuat dalam bidang pendidikan.
Ekspektasi yang salah mengenai profesi ini adalah bahwa Dosen Teknologi Pembelajaran hanya bertugas untuk mengajar tentang penggunaan teknologi dalam pembelajaran, padahal sebenarnya mereka juga bertanggung jawab untuk melakukan penelitian dan pengembangan terkait teknologi pembelajaran.
Perbedaan dengan profesi yang mirip, seperti Sekretaris Pendidikan atau Instruktur Teknologi Pendidikan, adalah bahwa Dosen Teknologi Pembelajaran memiliki tanggung jawab yang lebih luas, termasuk merancang dan mengimplementasikan kurikulum yang memanfaatkan teknologi dalam pembelajaran.