Eksekutif Penjualan Pariwisata

  Profil Profesi

Pekerjaan sebagai Eksekutif Penjualan Pariwisata melibatkan promosi dan penjualan paket pariwisata kepada calon pelanggan.

Tugas utamanya adalah menjelaskan dan mempromosikan paket-paket pariwisata kepada calon pelanggan, sehingga mereka tertarik untuk membeli.

Selain itu, pekerjaan ini juga melibatkan negosiasi harga dan kebutuhan pelanggan, serta penyelesaian administrasi terkait pembelian paket pariwisata.

Apa saya cocok bekerja sebagai Eksekutif Penjualan Pariwisata?

Profil orang yang cocok untuk tipe pekerjaan Eksekutif Penjualan Pariwisata adalah seseorang yang memiliki keterampilan komunikasi yang baik, mampu berinteraksi dengan baik dengan pelanggan, dan memiliki keahlian dalam menjual produk pariwisata.

Kandidat yang ideal juga harus memiliki pengetahuan yang luas tentang tujuan wisata, berpikiran kreatif, dan memiliki kemampuan negosiasi yang baik.

Seseorang yang tidak memiliki kemampuan komunikasi yang baik, kurang berpenampilan menarik, dan tidak memiliki minat terhadap bidang pariwisata mungkin tidak cocok dengan pekerjaan sebagai Eksekutif Penjualan Pariwisata.

Konsep, ekspektasi dan realita

Miskonsepsi tentang profesi Eksekutif Penjualan Pariwisata adalah bahwa pekerjaannya hanya berperan sebagai agen perjalanan yang mengatur liburan mewah bagi klien. Namun, realitanya adalah mereka juga harus menjual paket wisata yang beragam serta mengatasi berbagai tantangan dan persaingan di industri pariwisata.

Sebuah harapan yang salah tentang profesi Eksekutif Penjualan Pariwisata adalah bahwa mereka dapat bepergian secara luas ke destinasi yang eksotis secara gratis. Namun, kenyataannya adalah mereka harus bekerja keras dalam menghasilkan penjualan dan memperoleh komisi, serta tidak selalu memiliki kesempatan untuk bepergian seperti yang diharapkan.

Perbedaan signifikan antara Eksekutif Penjualan Pariwisata dengan peran serupa seperti agen perjalanan biasa adalah bahwa mereka bertanggung jawab untuk membangun portofolio klien, menjalin hubungan dengan perusahaan pariwisata, dan mencapai target penjualan yang lebih tinggi. Mereka juga harus memiliki pengetahuan yang mendalam tentang destinasi wisata yang ditawarkan serta kemampuan negosiasi yang kuat untuk memenangkan kompetisi di pasar.

Jurusan Kuliah yang Mendukung

Manajemen Pariwisata
Jasa Perhotelan dan Biro Perjalanan Wisata
Pemasaran Pariwisata
Kuliner dan Perhotelan
Manajemen Event Pariwisata
Hubungan Masyarakat Pariwisata
Administrasi Bisnis Pariwisata
Pariwisata Budaya dan Kebudayaan
Manajemen Perjalanan Bisnis
Ekonomi Pariwisata

Contoh perusahaan atau institusi yang membutuhkan

PT Garuda Indonesia (Persero) Tbk
PT AirAsia Indonesia
PT Lion Air
PT Traveloka Indonesia
PT Tiket.com
PT Dwidaya Tour & Travel
PT Panorama Tours Indonesia
PT MNC Travel
PT AntaVaya Tour & Travel
PT Golden Rama Express