Evaluasi Dan Penilaian Pendidikan

  Profil Profesi

Pekerjaan di bidang evaluasi dan penilaian pendidikan melibatkan melakukan evaluasi terhadap proses dan hasil pembelajaran serta melakukan penilaian terhadap prestasi siswa.

Tugas utama meliputi merancang, mengembangkan, dan melaksanakan instrumen evaluasi serta menganalisis data hasil evaluasi untuk memberikan umpan balik kepada guru dan sekolah.

Selain itu, pekerjaan ini juga melibatkan kolaborasi dengan tim pengembang kurikulum dan guru dalam merancang metode pengajaran yang efektif serta pengembangan program peningkatan mutu pendidikan.

Apa saya cocok bekerja sebagai Evaluasi dan Penilaian Pendidikan?

Profil orang yang cocok untuk tipe pekerjaan Evaluasi dan Penilaian Pendidikan adalah seorang yang memiliki pemahaman mendalam tentang metode evaluasi pendidikan, memiliki keterampilan analitis yang kuat, dan mampu membuat keputusan berdasarkan data dan informasi yang relevan.

Mengingat pentingnya tanggung jawab dalam mengevaluasi dan menilai kualitas pendidikan, seorang kandidat juga harus memiliki kemampuan komunikasi yang baik untuk berinteraksi dengan para guru, siswa, dan pihak terkait lainnya.

Jika kamu tidak memiliki kemampuan analitis yang kuat dan kurang teliti dalam mengevaluasi data, maka pekerjaan di bidang Evaluasi dan Penilaian Pendidikan tidak cocok untukmu.

Konsep, ekspektasi dan realita

Miskonsepsi tentang profesi Evaluasi dan Penilaian Pendidikan adalah bahwa pekerjaannya hanya sebatas memberikan nilai kepada siswa, padahal sebenarnya mereka juga bertanggung jawab dalam menganalisis dan melaporkan data hasil evaluasi secara menyeluruh.

Ekspektasi terhadap profesi Evaluasi dan Penilaian Pendidikan adalah bahwa mereka akan selalu memberikan hasil yang objektif dan adil, namun realitanya mereka harus menghadapi berbagai tantangan seperti perbedaan interpretasi dan pandangan subjektif yang bisa mempengaruhi hasil penilaian.

Perbedaan dengan profesi serupa seperti guru adalah bahwa Evaluasi dan Penilaian Pendidikan memiliki fokus yang lebih spesifik pada analisis dan evaluasi hasil belajar siswa serta pengembangan kebijakan pendidikan, sementara guru lebih berfokus pada proses pembelajaran dan pengajaran langsung di dalam kelas.

Jurusan Kuliah yang Mendukung

Pendidikan (Konsentrasi Evaluasi dan Penilaian Pendidikan)
Psikologi Pendidikan
Statistik Pendidikan
Manajemen Pendidikan
Teknologi Pendidikan
Kurikulum dan Instruksi Pendidikan
Sosiologi Pendidikan
Metode Penelitian dalam Pendidikan
Kajian Pengukuran dan Evaluasi Pendidikan
Teori dan Praktik Evaluasi Pendidikan

Contoh perusahaan atau institusi yang membutuhkan

Badan Akreditasi Nasional Sekolah/ Madrasah (BAN-S/M)
Pusat Penjaminan Mutu Pendidikan (Pusjarmut Pendidikan)
Pusat Evaluasi Pendidikan dan Pengembangan Kurikulum (PEP-K)
Lembaga Tes Masuk Perguruan Tinggi (LTMPT)
Perusahaan Konsultan Pendidikan
Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan
Dinas Pendidikan Provinsi/Kabupaten/Kota
Universitas dan Institusi Pendidikan Tinggi
Lembaga Pelatihan dan Sertifikasi Profesi Guru
Lembaga Pendidikan dan Sosial Bernilai Evaluasi