Sebagai Front Office Supervisor, tugas utama Anda adalah mengawasi dan mengkoordinasi operasional di bagian depan hotel.
Anda bertanggung jawab untuk memastikan layanan penerimaan tamu, check-in, dan check-out berjalan lancar dan sesuai prosedur.
Selain itu, Anda juga harus memastikan kebersihan dan ketersediaan fasilitas di area depan hotel, serta melatih dan mengawasi staf front office dalam menjalankan tugas mereka.
Profil orang yang cocok untuk tipe pekerjaan Front Office Supervisor adalah seseorang yang memiliki jiwa kepemimpinan yang kuat, mampu mengambil keputusan secara cepat dan tepat, serta memiliki kemampuan komunikasi yang baik dalam berinteraksi dengan tamu hotel.
Kemampuan multitasking dan penyelesaian masalah yang efektif juga diperlukan untuk mengatasi tantangan yang muncul dalam mengelola operasional front office hotel.
Jika kamu adalah seorang yang tidak memiliki keterampilan komunikasi yang baik, sulit menghadapi tekanan dari tamu yang tidak puas, dan tidak terbiasa mengatur jadwal kerja yang fleksibel, kemungkinan kamu akan tidak cocok dengan pekerjaan sebagai Front Office Supervisor.
Miskonsepsi tentang profesi Front Office Supervisor adalah bahwa mereka hanya bertanggung jawab untuk melayani tamu dan menangani reservasi hotel. Realitanya, mereka juga harus mengurus administrasi, mengawasi staf, dan menangani masalah pelanggan yang kompleks.
Ekspektasi yang salah tentang Front Office Supervisor adalah bahwa mereka selalu tersedia 24 jam sehari dan siap menangani semua permintaan tamu. Tetapi kenyataannya, mereka juga perlu waktu istirahat dan bekerja dalam jam kerja yang sudah ditentukan.
Perbedaan dengan profesi yang mirip, seperti Resepsionis, adalah bahwa Front Office Supervisor memiliki tanggung jawab lebih besar dalam mengelola departemen penerimaan tamu dan mengawasi staf, sedangkan Resepsionis umumnya bertanggung jawab langsung melayani tamu dan tugas-tugas administratif ringan.