Karyawan di kantor imigrasi bertanggung jawab dalam proses administrasi terkait keimigrasian.
Pekerjaan ini meliputi pemeriksaan dan verifikasi dokumen keimigrasian, seperti paspor, visa, dan surat izin tinggal.
Selain itu, karyawan kantor imigrasi juga melakukan proses pencatatan dan pemantauan aktivitas masuk dan keluar warga negara di suatu negara.
Profil orang yang cocok untuk menjadi seorang karyawan kantor imigrasi adalah seorang yang teliti, memiliki pengetahuan yang luas tentang prosedur imigrasi, serta memiliki kemampuan bahasa asing yang baik.
Sebagai karyawan kantor imigrasi, individu ini harus dapat mengelola dokumen dan informasi penting dengan hati-hati serta menjaga keamanan dan kerahasiaannya.
Jika kamu adalah seorang yang tidak teliti, kurang sabar, dan mudah terlalu emosional, kamu mungkin tidak cocok menjadi karyawan di kantor imigrasi.
Miskonsepsi tentang profesi karyawan kantor imigrasi adalah bahwa mereka hanya melakukan pekerjaan administratif. Padahal, mereka juga terlibat dalam penegakan hukum, pengawasan keimigrasian, dan menangani kasus-kasus imigrasi yang kompleks.
Ekspektasi umumnya adalah bahwa karyawan kantor imigrasi hanya berurusan dengan proses imigrasi yang lancar dan tidak ada masalah. Namun, realitanya mereka seringkali harus menangani kasus-kasus yang rumit, seperti penipuan imigrasi, pengungsi, atau visa palsu.
Perbedaan dengan profesi yang mirip, seperti petugas kepolisian atau detektif, adalah bahwa karyawan kantor imigrasi fokus pada urusan keimigrasian dan masalah legal dikaitkan dengan perjalanan orang antarnegara, sementara petugas kepolisian atau detektif lebih berfokus pada tugas-tugas penegakan hukum secara umum dan tidak terbatas pada konteks imigrasi.