Pekerjaan ini melibatkan pengembangan kurikulum bahasa Inggris untuk pendidikan formal.
Tugas utama meliputi merancang bahan ajar, mengembangkan materi pembelajaran, dan mengevaluasi efektivitas kurikulum yang telah dibuat.
Selain itu, pekerjaan ini juga melibatkan kolaborasi dengan guru, pengawas, dan pihak terkait lainnya dalam mengimplementasikan kurikulum yang telah dirancang.
Profil orang yang cocok untuk tipe pekerjaan Kepala Bidang Pengembangan Kurikulum Bahasa Inggris adalah seseorang yang memiliki latar belakang pendidikan yang kuat dalam bahasa Inggris, berpengalaman dalam pengembangan kurikulum, dan memiliki jiwa kepemimpinan yang baik.
Orang yang tidak cocok dengan pekerjaan ini adalah orang yang tidak memiliki kemampuan dalam mengembangkan kurikulum, tidak berpengalaman dalam pengajaran bahasa Inggris, dan tidak memiliki pemahaman yang kuat tentang pengembangan kurikulum.
Miskonsepsi tentang profesi Kepala Bidang Pengembangan Kurikulum Bahasa Inggris adalah bahwa tugasnya hanya mengurus dan meningkatkan kurikulum Bahasa Inggris di sekolah, padahal sebenarnya mereka juga harus mengkoordinasi, melatih, dan mengawasi guru-guru Bahasa Inggris.
Ekspektasi yang salah adalah mengira bahwa Kepala Bidang Pengembangan Kurikulum Bahasa Inggris akan memiliki otoritas penuh atas perubahan kurikulum, padahal kenyataannya mereka juga harus melapor dan berkonsultasi dengan pihak-pihak terkait dalam pengambilan keputusan.
Perbedaan dengan profesi yang mirip, yaitu Kepala Program Studi Bahasa Inggris, adalah Kepala Bidang Pengembangan Kurikulum Bahasa Inggris lebih fokus pada pengembangan dan pembaruan kurikulum, sedangkan Kepala Program Studi bertanggung jawab atas pengelolaan program pendidikan secara keseluruhan.