Pekerjaan di bidang keuangan pelaksana melibatkan tugas-tugas operasional dalam pengelolaan keuangan perusahaan.
Tugas utama meliputi penginputan transaksi keuangan, pelaporan harian, dan pemrosesan pembayaran kepada karyawan dan pihak ketiga.
Selain itu, pekerjaan ini juga melibatkan pemantauan kas perusahaan, persiapan dokumen untuk audit keuangan, dan pemeliharaan data keuangan yang akurat.
Profil orang yang cocok untuk tipe pekerjaan Keuangan Pelaksana adalah seseorang yang memiliki pemahaman yang kuat tentang konsep keuangan dan analisis data keuangan, serta mampu bekerja dengan akurasi dan detail dalam mengelola keuangan perusahaan.
Sebagai orang yang bertanggung jawab atas keuangan perusahaan, seorang kandidat Keuangan Pelaksana juga harus memiliki kemampuan yang baik dalam mengorganisir dan mengelola anggaran serta memiliki keterampilan yang baik dalam berkomunikasi dan bekerja sama dengan tim.
Jika kamu tidak memiliki kemampuan matematika yang handal, tidak teliti dalam mengelola anggaran, dan tidak dapat bekerja dengan cepat dan tepat dalam menghitung dan mencatat transaksi keuangan, maka pekerjaan sebagai Keuangan Pelaksana mungkin tidak cocok untukmu.
Ekspektasi tentang profesi Keuangan Pelaksana seringkali menggambarkan mereka bekerja di posisi yang mengambil keputusan strategis, namun realitanya mereka berfokus pada tugas administratif dan audit.
Banyak orang mengira profesi Keuangan Pelaksana memiliki tanggung jawab yang mirip dengan Manajer Keuangan, padahal sebenarnya Keuangan Pelaksana bertugas untuk melaksanakan instruksi dan melaporkan data keuangan kepada Manajer Keuangan.
Salah satu miskonsepsi tentang profesi Keuangan Pelaksana adalah mereka hanya berkutat dengan angka-angka dan tidak berperan dalam pengambilan keputusan keuangan, padahal mereka memiliki peran penting dalam pengelolaan keuangan perusahaan.