Komunikator

  Profil Profesi

Tugas seorang komunikator adalah mengelola dan menyampaikan informasi dengan jelas dan efektif kepada audiens yang dituju.

Hal ini meliputi menyusun pesan dan strategi komunikasi, serta menggunakan berbagai media dan saluran komunikasi untuk mencapai tujuan yang diinginkan.

Sebagai komunikator, juga diperlukan kemampuan mendengarkan, menganalisis, serta beradaptasi dengan gaya komunikasi orang lain untuk memastikan pesan yang disampaikan dapat dipahami dan diterima dengan baik oleh audiens.

Apa saya cocok bekerja sebagai Komunikator?

Profil orang yang cocok untuk tipe pekerjaan sebagai komunikator adalah seseorang yang memiliki keahlian verbal yang baik, dapat menyampaikan informasi dengan jelas dan mudah dipahami oleh orang lain.

Selain itu, seorang komunikator yang efektif juga perlu memiliki kemampuan mendengarkan aktif dan empati, sehingga mampu berinteraksi dengan baik dengan berbagai macam individu dan mampu menyampaikan pesan dengan tepat.

Jika kamu memiliki kesulitan berkomunikasi dengan orang lain dan tidak memiliki kemampuan membangun hubungan baik, kemungkinan kamu tidak cocok dengan pekerjaan ini.

Konsep, ekspektasi dan realita

Ekspektasi: Seorang komunikator diharapkan selalu memiliki kemampuan berbicara yang sangat baik dan mampu mengomunikasikan pesan dengan sempurna. Realita: Seorang komunikator juga harus memiliki kemampuan mendengarkan yang baik dan mampu beradaptasi dengan berbagai jenis audiens.

Miskonsepsi: Profesi komunikator hanya berfokus pada publikasi dan promosi sebuah brand atau perusahaan. Realita: Seorang komunikator juga bertanggung jawab dalam membangun hubungan baik dengan media, mengelola krisis komunikasi, dan membuat rencana strategis untuk mencapai tujuan organisasi.

Perbedaan dengan profesi yang mirip: Meski terlihat mirip, komunikator memiliki fokus yang berbeda dengan profesi pemasar. Komunikator lebih berfokus pada bagaimana mengomunikasikan pesan kepada publik dengan cara yang efektif, sementara pemasar lebih berfokus pada aspek promosi dan pemasaran produk atau jasa.

Jurusan Kuliah yang Mendukung

Ilmu Komunikasi
Jurnalisme
Broadcasting
Public Relations
Hubungan Masyarakat
Digital Marketing
Multimedia
Film dan Televisi
Desain Komunikasi Visual
Event Management

Contoh perusahaan atau institusi yang membutuhkan

Media Indonesia
PT Kompas Media Nusantara
PT Elang Mahkota Teknologi Tbk (Emtek)
PT Visi Media Asia Tbk (VIVA)
PT Media Nusantara Citra Tbk (MNC)
PT Televisi Transformasi Indonesia (Trans TV)
PT Televisi Republik Indonesia (TVRI)
PT Net Mediatama Indonesia (NET TV)
PT Daftar Global Indonesia (RCTI)
PT Elang Mahkota Teknologi Tbk (O Channel TV)