Sebagai konsultan pembelajaran, tugas utama melibatkan memberikan saran dan rekomendasi kepada lembaga pendidikan untuk meningkatkan sistem pembelajaran.
Konsultan pembelajaran juga bertanggung jawab untuk melakukan analisis kebutuhan pembelajaran dan merancang strategi yang sesuai untuk mencapai tujuan dan target pembelajaran yang diinginkan.
Selain itu, konsultan pembelajaran juga akan memberikan pelatihan kepada guru dan staf pendidikan, serta memantau dan mengevaluasi efektivitas program pembelajaran yang telah diimplementasikan.
Profil orang yang cocok untuk tipe pekerjaan Konsultan Pembelajaran adalah seseorang yang memiliki pengetahuan yang luas di bidang pendidikan dan pembelajaran, kreatif dalam merancang metode pembelajaran yang inovatif, serta memiliki kemampuan komunikasi yang baik dalam memberikan arahan dan bimbingan kepada klien.
Ketelitian dan kecermatan dalam menganalisis masalah serta kemampuan problem solving yang kuat juga merupakan kualitas yang diperlukan untuk menjadi seorang Konsultan Pembelajaran yang efektif dan sukses.
Jika kamu tidak memiliki kemampuan komunikasi yang baik dan sulit beradaptasi dengan berbagai situasi dan lingkungan kerja, kemungkinan kamu tidak cocok untuk menjadi konsultan pembelajaran.
Miskonsepsi tentang profesi Konsultan Pembelajaran adalah bahwa mereka hanya mengajar pelajaran tertentu secara langsung kepada siswa. Padahal, tugas utama mereka adalah membantu sekolah atau institusi pendidikan dalam merancang dan mengembangkan strategi pembelajaran yang efektif.
Ekspektasi umum tentang Konsultan Pembelajaran adalah bahwa mereka akan dengan cepat meningkatkan prestasi akademik siswa. Namun, realitanya, perbaikan dalam pembelajaran butuh waktu dan upaya bersama dari siswa, guru, dan staf sekolah.
Perbedaan signifikan antara Konsultan Pembelajaran dan guru adalah bahwa guru bertanggung jawab langsung mengajar siswa, sedangkan Konsultan Pembelajaran lebih fokus pada analisis, perencanaan, dan implementasi metode pembelajaran yang efektif serta pengembangan kurikulum yang sesuai dengan kebutuhan siswa.