Sebagai koordinator media pembelajaran, tugas saya adalah mengkoordinasikan dan mengawasi penggunaan media pembelajaran di sekolah.
Saya bertanggung jawab dalam menyusun program penggunaan media pembelajaran, melakukan pelatihan kepada guru-guru terkait teknik penggunaan media pembelajaran, serta melakukan evaluasi terhadap efektivitas penggunaan media pembelajaran.
Selain itu, saya juga berperan sebagai penanggung jawab dalam pembelian, maintenance, dan penyimpanan media pembelajaran di sekolah.
Profil orang yang cocok untuk tipe pekerjaan Koordinator Media Pembelajaran adalah seorang yang kreatif, memiliki pengetahuan yang mendalam tentang media pembelajaran, dan mampu mengembangkan ide-ide inovatif dalam penggunaan teknologi untuk pembelajaran.
Dalam pekerjaan ini, seorang kandidat juga harus memiliki kemampuan dalam mengelola proyek, bekerja dengan tim, dan memiliki keterampilan komunikasi yang baik.
Jika kamu tidak memiliki kreativitas tinggi, kurang menguasai teknologi media pembelajaran, dan tidak mampu berkomunikasi dengan baik, maka kamu tidak cocok sebagai Koordinator Media Pembelajaran.
Miskonsepsi tentang profesi Koordinator Media Pembelajaran adalah bahwa pekerjaannya hanya fokus pada mengelola aplikasi, platform, atau perangkat lunak pembelajaran secara teknis. Namun, kenyataannya, tugasnya juga mencakup perencanaan, pembuatan, pengembangan, dan evaluasi konten media pembelajaran.
Ekspektasi terhadap Koordinator Media Pembelajaran seringkali adalah memiliki pengetahuan teknis yang sangat mendalam dan mampu menguasai berbagai software. Namun, kenyataannya, seorang koordinator juga harus memiliki kemampuan desain grafis, analisis data, serta komunikasi yang efektif dengan para pengajar, siswa, dan pihak terkait lainnya.
Perbedaan dengan profesi yang mirip, seperti Desainer Instruksional, adalah bahwa Koordinator Media Pembelajaran lebih fokus pada manajemen dan koordinasi penggunaan media pembelajaran dalam konteks pembelajaran. Sedangkan Desainer Instruksional lebih fokus pada perancangan dan pengembangan materi pembelajaran yang optimal dari segi teori instruksional dan desain pengajaran.