Koordinator Pemasaran Produk Kesehatan

  Profil Profesi

Tugas koordinator pemasaran produk kesehatan meliputi pengembangan strategi pemasaran untuk produk kesehatan.

Selain itu, mereka juga bertanggung jawab dalam mengatur dan mengkoordinasi kegiatan promosi dan penjualan produk kesehatan.

Pekerjaan ini juga melibatkan analisis pasar, survei pelanggan, serta pemantauan dan evaluasi kinerja penjualan produk kesehatan.

Apa saya cocok bekerja sebagai Koordinator pemasaran produk kesehatan?

Profil orang yang cocok untuk tipe pekerjaan Koordinator Pemasaran Produk Kesehatan adalah seseorang yang memiliki pengetahuan dan minat dalam bidang kesehatan, kreatif dalam merancang strategi pemasaran, dan memiliki kemampuan komunikasi yang baik dengan klien dan tim kerja.

Dalam pekerjaan ini juga mengharuskan seseorang yang memiliki kemampuan analitis untuk menganalisis tren pasar dan persaingan, serta kemampuan manajemen waktu yang baik untuk mengatur dan menjalankan kampanye pemasaran yang efektif.

Jika kamu tidak memiliki minat atau pengetahuan dalam bidang kesehatan, kamu tidak cocok dengan pekerjaan ini.

Konsep, ekspektasi dan realita

Miskonsepsi tentang koordinator pemasaran produk kesehatan adalah bahwa mereka hanya perlu mengiklankan produk dan mendapatkan penghasilan besar dengan cepat. Namun, realitanya, mereka harus memiliki pengetahuan mendalam tentang industri kesehatan, riset pasar, serta keterampilan dalam membangun hubungan dengan pelanggan dan mitra bisnis.

Beberapa orang salah mengira bahwa koordinator pemasaran produk kesehatan hanya bertanggung jawab untuk memasarkan produk kepada konsumen. Padahal, pekerjaan mereka juga melibatkan analisis pasar, perencanaan strategi, pengaturan distribusi produk, serta pengawasan terhadap efektivitas kampanye pemasaran.

Perbedaan dengan profesi yang mirip adalah, walaupun ada keterkaitan, peran koordinator pemasaran produk kesehatan berfokus secara khusus pada produk kesehatan. Sementara itu, profesi lain seperti manajer pemasaran atau manajer merek dapat bekerja di berbagai industri atau produk lainnya, tidak hanya terbatas pada produk kesehatan.

Jurusan Kuliah yang Mendukung

Manajemen Bisnis
Pemasaran
Administrasi Bisnis
Kesehatan Masyarakat
Ilmu Komunikasi
Farmasi
Ilmu Gizi
Teknologi Informasi
Statistik
Psikologi

Contoh perusahaan atau institusi yang membutuhkan

PT Kimia Farma (Persero) Tbk
PT Kalbe Farma Tbk
PT Tempo Scan Pacific Tbk
PT Phapros Tbk
PT Dexa Medica
PT Sanbe Farma
PT Darya-Varia Laboratoria Tbk
PT Pyridam Farma Tbk
PT Combiphar
PT Prodia Widyahusada Tbk