Sebagai koordinator penggunaan teknologi pendidikan, tugasnya adalah membuat dan melaksanakan rencana penggunaan teknologi dalam proses pembelajaran.
Koordinator ini juga bertanggung jawab untuk mendukung dan memberikan pelatihan kepada guru dan siswa dalam mengintegrasikan teknologi ke dalam pembelajaran.
Selain itu, koordinator ini juga harus melakukan evaluasi terhadap penggunaan teknologi pendidikan dan memberikan rekomendasi untuk peningkatan efektivitasnya.
Pekerjaan Koordinator Penggunaan Teknologi Pendidikan cocok untuk orang yang memiliki pemahaman yang kuat tentang teknologi pendidikan dan mampu menyusun dan mengimplementasikan program penggunaan teknologi dalam konteks pendidikan.
Selain itu, seorang kandidat yang cocok untuk pekerjaan ini juga harus memiliki kemampuan komunikasi yang baik dan fleksibel untuk berinteraksi dengan berbagai pihak terkait dalam implementasi teknologi pendidikan.
Jika kamu tidak memiliki pengetahuan atau minat dalam teknologi pendidikan, kemungkinan kamu tidak cocok dengan pekerjaan ini.
Miskonsepsi tentang profesi Koordinator Penggunaan Teknologi Pendidikan adalah bahwa mereka hanya bertanggung jawab untuk mengajar teknologi kepada siswa, padahal sebenarnya mereka bertanggung jawab untuk mengoordinasikan penggunaan teknologi dalam proses pendidikan secara keseluruhan.
Expektasi yang salah tentang profesi ini adalah bahwa mereka hanya bertugas untuk memperkenalkan teknologi baru kepada guru, padahal tugas mereka sebenarnya adalah memperluas penggunaan teknologi yang sudah ada dan mendukung pengintegrasian teknologi dalam pengajaran.
Perbedaan dengan profesi yang mirip, seperti guru komputer, adalah bahwa Koordinator Penggunaan Teknologi Pendidikan fokus pada penggunaan teknologi secara menyeluruh dalam proses belajar-mengajar, sementara guru komputer lebih fokus pada pengajaran keterampilan teknologi secara khusus.