Sebagai koordinator peristiwa, tugasnya adalah merencanakan dan mengatur segala hal terkait dengan acara atau peristiwa, mulai dari pemilihan tempat, dekorasi, hingga pengaturan jadwal kegiatan.
Selain itu, koordinator peristiwa juga harus bekerja sama dengan berbagai vendor dan pihak terkait lainnya untuk menyelenggarakan acara dengan baik dan sesuai dengan keinginan klien.
Selain mengatur persiapan acara, pekerjaan ini juga melibatkan penyelesaian berbagai masalah yang mungkin muncul selama acara berlangsung, sehingga membutuhkan kemampuan multitasking dan kepemimpinan yang baik.
Profil orang yang cocok untuk tipe pekerjaan Koordinator Peristiwa adalah seorang yang kreatif, memiliki kemampuan organisasi yang tinggi, serta mampu bekerja dalam tekanan dan tenggat waktu yang ketat, akan cocok dengan pekerjaan Koordinator Peristiwa.
Pekerjaan ini juga membutuhkan seseorang yang berkomunikasi dengan baik, memiliki kemampuan problem-solving, serta dapat bekerjasama dalam tim yang besar.
Jika kamu tidak suka bekerja dalam tekanan tinggi, tidak dapat berkomunikasi dengan baik, dan tidak bisa menyusun jadwal dengan baik, kemungkinan kamu tidak cocok menjadi koordinator peristiwa.
Miskonsepsi tentang koordinator peristiwa adalah bahwa mereka hanya perlu mengatur acara dengan indah tanpa banyak usaha, padahal kenyataannya mereka harus menghadapi berbagai masalah teknis dan logistik yang kompleks.
Banyak yang berharap bahwa koordinator peristiwa hanya akan bekerja pada acara-acara besar dan glamor, tetapi kenyataannya mereka juga harus mengkoordinasikan acara-acara kecil dan rutin.
Perbedaan utama antara koordinator peristiwa dan profesi yang mirip, seperti event planner, adalah bahwa koordinator peristiwa biasanya lebih fokus pada pengorganisasian aspek teknis acara, sementara event planner lebih fokus pada perencanaan kegiatan dan pengaturan detail acara.