Seorang koordinator protokoler bertanggung jawab untuk mengatur dan mengelola acara-acara protokoler, seperti kunjungan kenegaraan atau upacara resmi.
Tugas utama meliputi menyusun jadwal, mengoordinasikan detail acara, dan memastikan semua protokoler diikuti dengan tepat.
Selain itu, koordinator protokoler juga bertanggung jawab untuk menjaga hubungan yang baik dengan tamu-tamu negara atau pejabat yang hadir dalam acara tersebut.
Profil orang yang cocok untuk tipe pekerjaan Koordinator Protokoler adalah seorang yang memiliki keterampilan komunikasi yang sangat baik, memiliki pengetahuan yang luas tentang etiket dan protokol, serta dapat menjaga kerahasiaan informasi dengan baik.
Kemampuan organisasi yang kuat dan kepekaan terhadap detail juga sangat penting untuk berhasil dalam pekerjaan ini.
Jika kamu orang yang kurang bisa mengikuti protokol yang sudah ditetapkan, tidak terampil dalam mengelola acara secara terperinci, dan tidak berbakat dalam berkomunikasi, maka kamu tidak cocok untuk menjadi Koordinator Protokoler.
Ekspektasi tentang Koordinator Protokoler seringkali mengira bahwa mereka hanya berurusan dengan tugas-tugas protokoler dalam acara resmi, padahal mereka juga harus mengatur logistik dan administrasi acara tersebut.
Realitanya, Koordinator Protokoler juga harus memiliki kemampuan diplomasi yang tinggi untuk menangani situasi yang mungkin timbul selama acara.
Perbedaan dengan profesinya yang mirip, Koordinator Acara, adalah bahwa Koordinator Protokoler lebih fokus pada protokol dan tata cara resmi dalam acara, sedangkan Koordinator Acara lebih terlibat dalam perencanaan dan pelaksanaan acara secara umum.