Koordinator Riset Pasar

  Profil Profesi

Sebagai koordinator riset pasar, tugasnya adalah mengatur dan mengawasi penelitian yang dilakukan untuk mengumpulkan data tentang pasar dan pelanggan.

Tugas utamanya mencakup merancang rencana penelitian, mengatur pengumpulan data, dan menganalisis hasilnya untuk memberikan wawasan tentang kebutuhan dan preferensi konsumen.

Selain itu, pekerjaan ini juga melibatkan berkoordinasi dengan tim penelitian, berkomunikasi dengan klien, dan menyusun laporan yang merangkum temuan dari penelitian pasar yang dilakukan.

Apa saya cocok bekerja sebagai Koordinator Riset Pasar?

Seorang yang berhasil dalam pekerjaan Koordinator Riset Pasar adalah seseorang yang analitis, memiliki kemampuan analisis data yang kuat, dan memiliki pemahaman yang mendalam tentang pasar dan tren pasar.

Selain itu, seorang kandidat juga harus memiliki kemampuan komunikasi yang baik dan dapat bekerja dengan tim untuk mengumpulkan dan menganalisis data pasar secara efektif.

Orang yang tidak cocok dengan pekerjaan ini adalah mereka yang tidak memiliki kemampuan analisis yang mendalam, kurang kreatif dalam mencari solusi, dan tidak bisa berkomunikasi dengan baik dengan klien.

Konsep, ekspektasi dan realita

Miskonsepsi tentang profesi Koordinator Riset Pasar adalah bahwa pekerjaannya hanya mengumpulkan data dari konsumen tanpa melibatkan analisis mendalam dan pemahaman pasar yang mendalam di baliknya. Realitanya, Koordinator Riset Pasar juga harus mampu menganalisis dan menginterpretasi data agar dapat memberikan wawasan yang berarti.

Salah satu ekspektasi yang salah tentang Koordinator Riset Pasar adalah bahwa mereka hanya bekerja di lapangan untuk mengumpulkan data langsung dari konsumen. Padahal, sebagian besar pekerjaan Koordinator Riset Pasar berlangsung di belakang layar, dengan penggunaan alat dan teknologi untuk mengumpulkan data serta menganalisisnya.

Perbedaan utama dengan profesi yang mirip seperti Analis Pasar adalah bahwa Koordinator Riset Pasar lebih fokus pada perangkat yang digunakan untuk mengumpulkan data dan melakukan penelitian, sementara Analis Pasar lebih cenderung mengkaji data yang sudah ada dan memberikan wawasan berdasarkan analisis tersebut.

Jurusan Kuliah yang Mendukung

Ilmu Komunikasi
Psikologi
Statistik
Ekonomi
Bisnis Internasional
Pemasaran
Perencanaan Bisnis
Sosiologi
Antropologi
Matematika

Contoh perusahaan atau institusi yang membutuhkan

Nielsen
Kantar Indonesia
Ipsos Indonesia
MarkPlus Insight
Millward Brown
MARS Indonesia
Indosight
Survey Sampling Indonesia
RMS Indonesia
Q&Co Consultancy