Pekerjaan sebagai Manager program CSR adalah bertanggung jawab untuk merencanakan, mengimplementasikan, dan mengawasi program-program tanggung jawab sosial perusahaan.
Tugas utama meliputi pengidentifikasian kebutuhan sosial di masyarakat, pemilihan program yang sesuai, dan koordinasi dengan pihak terkait untuk menjalankan program tersebut.
Selain itu, pekerjaan ini juga melibatkan pemantauan dan evaluasi program CSR, serta pelaporan kepada manajemen mengenai dampak dan keberhasilan program yang telah dilakukan.
Profil orang yang cocok untuk tipe pekerjaan Manager program CSR adalah seorang yang memiliki pemahaman yang mendalam tentang tanggung jawab sosial perusahaan, memiliki keterampilan kepemimpinan yang kuat, dan mampu berkomunikasi dengan baik dengan berbagai pemangku kepentingan.
Kemampuan untuk mengembangkan strategi dan program CSR yang efektif serta mampu menganalisis dampak dari program-program tersebut juga merupakan kualifikasi yang penting bagi seorang Manager program CSR.
Jika kamu tidak peduli dan tidak tertarik dengan isu-isu sosial, kamu tidak cocok menjadi seorang manager program CSR.
Miskonsepsi tentang profesi Manager program CSR adalah bahwa pekerjaan ini hanya tentang mengatur dan mengawasi kegiatan sosial perusahaan tanpa melibatkan aspek strategis. Namun, kenyataannya, seorang Manager program CSR juga harus merancang dan melaksanakan inisiatif yang relevan dan berdampak untuk mencapai tujuan sosial perusahaan.
Ekspektasi yang salah tentang profesi Manager program CSR adalah bahwa mereka hanya fokus pada pelaksanaan program, tanpa memikirkan dampak jangka panjang. Namun, dalam kenyataannya, seorang Manager program CSR juga harus secara aktif menganalisis efektivitas program, mengukur dampaknya, dan membuat perubahan strategis yang diperlukan untuk mencapai hasil yang lebih baik.
Perbedaan yang signifikan antara profesi Manager program CSR dan profesi lain yang mirip, seperti Manajer Komunitas atau Koordinator Proyek, adalah bahwa Manager program CSR memiliki tanggung jawab yang lebih luas dan lebih strategis. Mereka harus memastikan bahwa tujuan sosial perusahaan terintegrasi dalam semua aspek bisnis, sementara Manajer Komunitas atau Koordinator Proyek umumnya bertanggung jawab pada proyek-proyek atau program-program tertentu yang terkait dengan komunitas.