Seorang manajer hubungan masyarakat bertanggung jawab untuk membangun dan menjaga hubungan yang baik antara perusahaan dan semua pemangku kepentingan.
Tugas utamanya termasuk menyusun strategi komunikasi, mengelola acara dan kegiatan promosi, serta mengelola media sosial perusahaan.
Selain itu, seorang manajer hubungan masyarakat juga berperan sebagai juru bicara perusahaan dan mendukung upaya branding dan citra perusahaan secara keseluruhan.
Profil orang yang cocok untuk tipe pekerjaan Manajer Hubungan Masyarakat adalah seseorang yang memiliki kreativitas tinggi dalam merancang strategi komunikasi dan hubungan dengan publik, serta memiliki kemampuan berkomunikasi yang baik dan dapat beradaptasi dengan cepat dalam situasi yang berubah.
Dalam menjalankan tugasnya, seorang Manajer Hubungan Masyarakat juga perlu memiliki kemampuan networking yang luas dan mampu membangun hubungan yang baik dengan media, stakeholder, dan publik secara umum.
Jika kamu adalah seseorang yang tidak suka berkomunikasi dengan orang lain, sulit membangun hubungan dengan orang baru, atau tidak bisa menghadapi konflik, kamu mungkin tidak cocok dengan pekerjaan sebagai manajer hubungan masyarakat.
Miskonsepsi tentang profesi Manajer Hubungan Masyarakat adalah bahwa mereka hanya bertugas sebagai juru bicara perusahaan. Padahal, tugas mereka lebih luas, termasuk membangun dan memelihara hubungan yang baik dengan media, klien, dan masyarakat secara umum.
Ekspektasi terkadang menganggap bahwa Manajer Hubungan Masyarakat dapat memperbaiki citra perusahaan dalam waktu singkat. Namun, dalam realita, membangun citra yang baik membutuhkan waktu dan komitmen jangka panjang dari seorang Manajer Hubungan Masyarakat.
Perbedaan dengan profesi yang mirip seperti pemasaran adalah bahwa Manajer Hubungan Masyarakat lebih fokus pada memelihara reputasi dan hubungan dengan berbagai stakeholder, sementara profesi pemasaran lebih berfokus pada promosi produk dan strategi penjualan.