Sebagai Manajer Kemitraan dan Kerjasama, tanggung jawab saya meliputi mengidentifikasi dan menjalin kemitraan strategis dengan mitra potensial untuk meningkatkan pertumbuhan perusahaan.
Saya juga bertugas dalam melakukan negosiasi kontrak kerjasama yang menguntungkan untuk kedua belah pihak, serta melakukan pemantauan dan evaluasi kinerja mitra kerja saat ini.
Selain itu, saya harus memastikan adanya komunikasi yang efektif antara perusahaan dan mitra, serta mengkoordinasikan pelaksanaan program dan proyek kerjasama yang telah disepakati.
Profil orang yang cocok untuk tipe pekerjaan Manajer Kemitraan dan Kerjasama adalah seseorang yang memiliki keterampilan komunikasi yang kuat, kemampuan negosiasi yang baik, dan dapat membangun hubungan yang baik dengan mitra dan rekan kerja.
Tugas pekerjaan ini juga membutuhkan seseorang yang memiliki kemampuan analitis dan strategis dalam mengelola kerjasama serta mengidentifikasi peluang untuk pertumbuhan dan kolaborasi yang lebih baik.
Seseorang yang tidak suka berinteraksi dengan orang lain, memiliki sikap individualistis, dan sulit bekerja dalam tim kemungkinan tidak cocok dengan pekerjaan sebagai Manajer Kemitraan dan Kerjasama.
Miskonsepsi tentang Manajer Kemitraan dan Kerjasama adalah bahwa pekerjaan ini hanya melibatkan perundingan bisnis dan penandatanganan kesepakatan, padahal sebenarnya melibatkan juga pemeliharaan kemitraan dan kolaborasi jangka panjang.
Ekspektasi umum tentang Manajer Kemitraan dan Kerjasama adalah bahwa mereka hanya bertanggung jawab untuk mencari dan menjalin hubungan bisnis baru, tetapi realitanya adalah mereka juga harus membangun dan memelihara hubungan yang sudah ada dengan mitra bisnis.
Perbedaan antara Manajer Kemitraan dan Kerjasama dengan profesi serupa seperti Manajer Penjualan atau Manajer Pemasaran adalah fokus mereka yang lebih besar pada pengembangan dan pemeliharaan hubungan jangka panjang dengan mitra bisnis, daripada hanya mencapai target penjualan atau mempromosikan produk.