Manajer Kerumunan

  Profil Profesi

Pekerjaan sebagai manajer kerumunan melibatkan pengawasan dan pengaturan kerumunan orang dalam suatu acara atau tempat.

Tugas utama meliputi membuat perencanaan, memastikan keamanan, dan mengatur aliran orang dalam kerumunan agar terhindar dari kekacauan atau kejadian yang tidak diinginkan.

Selain itu, pekerjaan ini juga melibatkan koordinasi dengan tim keamanan, pihak terkait, dan menyediakan petunjuk kepada pengunjung untuk memastikan kelancaran jalannya acara atau kegiatan.

Apa saya cocok bekerja sebagai Manajer kerumunan?

Profil orang yang cocok untuk tipe pekerjaan Manajer Kerumunan adalah seseorang yang memiliki keahlian dalam mengelola dan mengatur kerumunan orang, termasuk dalam pengelolaan keamanan dan sarana pendukung yang dibutuhkan saat ada acara atau kegiatan dengan jumlah peserta yang besar.

Seorang kandidat yang baik untuk pekerjaan ini harus memiliki kemampuan komunikasi yang baik, mampu bekerja di bawah tekanan, dan memiliki pengetahuan tentang protokol dan regulasi terkait keselamatan dan keamanan dalam kerumunan orang.

Jika kamu tidak suka bekerja dengan orang banyak, memiliki sedikit kesabaran, dan tidak suka menghadapi konflik, kemungkinan kamu tidak cocok menjadi seorang manajer kerumunan.

Konsep, ekspektasi dan realita

Miskonsepsi tentang profesi Manajer Kerumunan adalah bahwa tugas utamanya hanya mengatur kerumunan orang tanpa memedulikan aspek keamanan dan kenyamanan. Padahal sebenarnya, Manajer Kerumunan bertanggung jawab penuh dalam mengatur, merencanakan, dan mengawasi segala kegiatan yang melibatkan kerumunan agar berjalan dengan aman dan efisien.

Ekspektasi mengenai profesi Manajer Kerumunan seringkali menganggap mereka hanya bertugas mengatur acara-acara besar atau konser-konser besar. Padahal, Manajer Kerumunan juga berperan penting dalam mengatur kerumunan di tempat-tempat umum seperti pusat perbelanjaan, stasiun, atau stadion olahraga.

Perbedaan dengan profesi yang mirip, seperti Event Organizer, adalah bahwa Manajer Kerumunan lebih fokus pada aspek keamanan dan kepadatan kerumunan, sementara Event Organizer bertanggung jawab dalam merencanakan dan mengelola seluruh acara atau event secara keseluruhan, termasuk segala aspek artistik dan pemasarannya.

Jurusan Kuliah yang Mendukung

Manajemen Bisnis
Komunikasi Bisnis
Manajemen Sumber Daya Manusia
Manajemen Event
Pendidikan Manajemen
Manajemen Pemasaran
Manajemen Kesehatan
Manajemen Transportasi dan Logistik
Manajemen Hotel dan Pariwisata
Manajemen Keuangan

Contoh perusahaan atau institusi yang membutuhkan

Perusahaan Event Organizer
Perusahaan Konser dan Acara Musik
Perusahaan Pameran dan Expo
Perusahaan Pusat Perbelanjaan (mall)
Perusahaan Pariwisata dan Perhotelan
Perusahaan Penyelenggara Konferensi dan Seminar
Perusahaan Panti Pijat dan Spa
Perusahaan Pengelola Tempat Hiburan (nightclub, bar)
Perusahaan Pusat Kegiatan Komunitas (coworking space, pusat seni dan budaya)
Perusahaan Pusat Olahraga dan Rekreasi (taman hiburan, lapangan golf)