Pekerjaan sebagai manajer media sosial acara mencakup pengelolaan dan strategi pemasaran melalui platform media sosial.
Tugas utama meliputi pembuatan dan penjadwalan konten, serta monitoring dan analisis performa konten yang telah diposting.
Selain itu, pekerjaan ini juga melibatkan interaksi dengan pengikut dan audiens melalui komentar, pesan pribadi, dan diskusi online.
Orang yang cocok untuk posisi Manajer Media Sosial Acara adalah seseorang yang kreatif, memiliki pemahaman yang baik tentang media sosial dan tren terbaru, serta mampu menghasilkan konten yang menarik dan menarik perhatian audiens.
Kemampuan manajemen waktu yang baik, kemampuan analisis data, dan interpersonal yang kuat juga diperlukan untuk berkolaborasi dengan tim acara dan berinteraksi dengan audiens secara efektif.
Jika kamu adalah seseorang yang tidak memiliki pengetahuan mendalam tentang media sosial, tidak kreatif dalam menghasilkan konten menarik, dan tidak memiliki kemampuan berkomunikasi yang baik dengan audiens online, kemungkinan kamu akan tidak cocok dengan pekerjaan sebagai manajer media sosial acara.
Miskonsepsi tentang profesi manajer media sosial acara adalah bahwa mereka hanya bertugas membuat postingan yang viral. Padahal, pekerjaan seorang manajer media sosial acara melibatkan perencanaan konten, pengelolaan kampanye, dan analisis data untuk mencapai tujuan marketing yang telah ditentukan.
Ekspektasi umum terhadap manajer media sosial acara adalah mereka harus selalu online dan siap merespon setiap komentar atau pertanyaan. Realitanya, mereka memiliki jadwal kerja yang terjadwal dan menggunakan alat otomatisasi untuk membantu menjalankan tugas-tugas sehari-hari, seperti jadwal postingan.
Perbedaan antara manajer media sosial acara dengan profesi yang mirip, seperti koordinator acara atau manajer pemasaran, adalah fokus mereka yang spesifik pada pengelolaan media sosial dalam konteks acara. Mereka bertanggung jawab untuk memastikan strategi media sosial dikustomisasi sesuai dengan karakteristik acara dan dapat mengoptimalkan partisipasi audiens melalui platform media sosial.