Seorang Manajer Pelatihan bertanggung jawab dalam merencanakan dan mengkoordinasikan program pelatihan bagi karyawan dalam sebuah perusahaan.
Mereka akan bekerja sama dengan departemen lain untuk menentukan kebutuhan pelatihan, mengembangkan materi dan metode pelatihan yang efektif, serta mengatur jadwal pelatihan.
Selain itu, mereka juga bertanggung jawab dalam mengukur efektivitas pelatihan yang telah dilakukan dan membuat perbaikan jika diperlukan.
Profil orang yang cocok dengan tipe pekerjaan Manajer Pelatihan adalah seseorang yang memiliki pengalaman dalam bidang pelatihan dan pengembangan SDM, memiliki keterampilan komunikasi yang baik, dan mampu mengelola proyek pelatihan dengan efektif dan efisien.
Seorang Manajer Pelatihan juga diharapkan memiliki kemampuan kepemimpinan yang kuat, dapat bekerja secara kolaboratif dengan berbagai departemen dan tim, serta memiliki kemampuan analitis dalam mengidentifikasi kebutuhan pelatihan yang sesuai dengan strategi perusahaan.
Jika kamu adalah seseorang yang kurang memiliki kemampuan interpersonal yang kuat dan sulit beradaptasi dengan perubahan yang cepat, kemungkinan kamu tidak cocok dengan pekerjaan ini sebagai Manajer Pelatihan.
Ekspektasi tentang profesi Manajer Pelatihan sering kali menganggap bahwa mereka hanya bertugas menyusun jadwal pelatihan dan mengawasi peserta. Namun, realitanya, Manajer Pelatihan juga harus merancang materi pelatihan yang efektif dan mengevaluasi hasil pelatihan.
Perbedaan dengan profesi yang mirip seperti Instruktur Pelatihan adalah Manajer Pelatihan lebih berfokus pada perencanaan dan pengelolaan keseluruhan program pelatihan, sementara Instruktur Pelatihan lebih pada pengajaran langsung di kelas.
Miskonsepsi lainnya adalah bahwa Manajer Pelatihan hanya bertanggung jawab untuk pembelajaran di dalam perusahaan. Padahal, mereka juga sering bekerja sama dengan penyedia eksternal untuk membawa pelatihan ke dalam organisasi.