Manajer Pelayanan Properti

  Profil Profesi

Pekerjaan sebagai Manajer Pelayanan Properti melibatkan pengelolaan dan pemeliharaan properti untuk memastikan kenyamanan dan keamanan penghuni.

Tugas utama meliputi penanganan keluhan dan permintaan dari penghuni, koordinasi dengan pihak perawatan properti untuk memperbaiki dan memelihara fasilitas, serta melakukan inspeksi secara rutin untuk memastikan kondisi properti optimal.

Selain itu, pekerjaan ini juga melibatkan manajemen kontrak dengan kontraktor, penyedia jasa, dan pemasok untuk memenuhi kebutuhan properti dan memastikan standar kualitas yang tinggi.

Apa saya cocok bekerja sebagai Manajer pelayanan properti?

Profil orang yang cocok untuk tipe pekerjaan Manajer Pelayanan Properti adalah seseorang yang memiliki keahlian dalam manajemen properti, serta kemampuan dalam mengorganisir dan mengkoordinasikan berbagai layanan yang berkaitan dengan properti.

Sebagai seorang Manajer Pelayanan Properti yang efektif, mereka harus memiliki kemampuan dalam memimpin tim, kemampuan komunikasi yang baik, dan memiliki pemahaman yang luas mengenai industri properti.

Orang yang tidak cocok dengan pekerjaan ini adalah mereka yang tidak memiliki keterampilan interpersonal yang baik, tidak mampu mengatasi konflik, dan tidak berorientasi pada pelayanan pelanggan.

Konsep, ekspektasi dan realita

Miskonsepsi tentang Manajer Pelayanan Properti:

Ekspektasi: Manajer pelayanan properti hanya bertanggung jawab untuk mengumpulkan uang sewa.

Realita: Sebenarnya, Manajer pelayanan properti bertanggung jawab tidak hanya untuk pengumpulan uang sewa, tetapi juga mengelola perawatan, perbaikan, dan kebutuhan umum dari properti tersebut.

Ekspektasi: Manajer pelayanan properti hanya menghabiskan sedikit waktu dalam pekerjaan.

Realita: Sebenarnya, Manajer pelayanan properti harus siap tanggap dan siap bekerja di luar jam kerja reguler untuk menangani keadaan darurat, permintaan perbaikan mendadak, dan masalah yang muncul.

Perbedaan dengan profesi mirip: Manajer pelayanan properti berbeda dengan agen real estat. Meskipun mereka berhubungan dengan properti, Manajer pelayanan properti lebih berfokus pada aspek pengelolaan dan pemeliharaan properti, sedangkan agen real estat lebih cenderung fokus pada penjualan atau penyewaan properti.

Jurusan Kuliah yang Mendukung

Manajemen Properti
Teknik Sipil (fokus pada infrastruktur properti)
Ilmu Komunikasi (khususnya komunikasi pemasaran properti)
Ekonomi (khususnya ekonomi properti)
Akuntansi (khususnya akuntansi properti)
Hukum Properti
Arsitektur (khususnya desain properti)
Manajemen Bisnis (khususnya pengelolaan bisnis properti)
Manajemen Informatika (khususnya teknologi informasi properti)
Pemasaran (khususnya pemasaran properti)

Contoh perusahaan atau institusi yang membutuhkan

PT Agung Sedayu Group
PT Lippo Karawaci Tbk
PT Pakuwon Jati Tbk
PT Surya Semesta Internusa Tbk
PT Mitra Adiperkasa Tbk
PT Binakarya Jaya Abadi
PT Menara Group
PT Karyadeka Alam Lestari
PT Mega Central Finance
PT Ciputra Development Tbk