Manajer pemasaran kesejahteraan sosial bertanggung jawab dalam merancang dan melaksanakan strategi pemasaran program-program kesejahteraan sosial.
Tugas utama meliputi mengidentifikasi target pasar, merencanakan dan mengembangkan kampanye pemasaran, serta memperluas jaringan mitra dalam mengedukasi masyarakat tentang manfaat dan tujuan dari program tersebut.
Selain itu, manajer pemasaran kesejahteraan sosial juga bertanggung jawab dalam evaluasi dan analisis hasil pemasaran, serta memberikan rekomendasi untuk meningkatkan efektivitas program.
Profil orang yang cocok untuk tipe pekerjaan Manajer Pemasaran Kesejahteraan Sosial adalah seorang yang memiliki keterampilan komunikasi yang kuat, memiliki pemahaman yang mendalam tentang isu-isu sosial, dan mampu mengembangkan dan melaksanakan strategi pemasaran yang efektif dengan tujuan meningkatkan kesejahteraan masyarakat.
Jika kamu tidak memiliki minat yang tinggi dalam bidang sosial dan tidak memiliki kemampuan komunikasi yang kuat, kemungkinan kamu tidak cocok menjadi seorang manajer pemasaran kesejahteraan sosial.
Miskonsepsi tentang profesi Manajer Pemasaran Kesejahteraan Sosial adalah bahwa mereka hanya berfokus pada aspek pemasaran tanpa memperhatikan aspek sosial dan kesejahteraan masyarakat.
Ekspektasi yang salah tentang profesi ini adalah bahwa mereka hanya bertanggung jawab untuk meningkatkan penjualan produk atau layanan, tanpa memperhatikan dampaknya pada kesejahteraan sosial.
Perbedaan penting dari profesi yang mirip, seperti Manajer Pemasaran Konvensional, adalah bahwa Manajer Pemasaran Kesejahteraan Sosial memiliki tanggung jawab tambahan untuk memastikan bahwa produk dan layanan yang dipasarkan juga memberikan manfaat dan dampak positif pada masyarakat.