Manajer Pemasaran Produk Pertanian

  Profil Profesi

Pekerjaan sebagai Manajer Pemasaran Produk Pertanian adalah bertanggung jawab dalam mengembangkan strategi pemasaran untuk produk-produk pertanian.

Tugas utamanya meliputi analisis pasar untuk menentukan target pasar potensial, mengatur promosi dan distribusi produk, serta mengawasi pencapaian target penjualan.

Selain itu, Manajer Pemasaran Produk Pertanian juga perlu menjalin kerjasama dengan mitra bisnis di sektor pertanian, serta memantau perkembangan tren dan kebutuhan pasar secara terus-menerus.

Apa saya cocok bekerja sebagai Manajer Pemasaran Produk Pertanian?

Profil orang yang cocok untuk tipe pekerjaan Manajer Pemasaran Produk Pertanian adalah seseorang yang kreatif, memiliki pemahaman yang baik tentang pasar pertanian, serta memiliki kemampuan komunikasi yang efektif.

Sebagai seorang manajer pemasaran produk pertanian, individu ini juga harus memiliki keterampilan dalam merencanakan, mengorganisasi, dan mengkoordinasikan strategi pemasaran yang efektif untuk mempromosikan produk pertanian.

Jika Anda tidak memiliki minat atau pengetahuan dalam industri pertanian atau keinginan untuk terlibat dalam pemasaran produk pertanian, kemungkinan besar Anda tidak cocok dengan pekerjaan ini.

Konsep, ekspektasi dan realita

Miskonsepsi umum tentang Manajer Pemasaran Produk Pertanian adalah bahwa pekerjaannya hanya sebatas memasarkan produk tanpa melibatkan pengetahuan dalam bidang pertanian. Padahal, Manajer Pemasaran Produk Pertanian perlu memiliki pemahaman yang kuat tentang teknik pertanian dan karakteristik produk pertanian untuk melakukan pemasaran yang efektif.

Ekspektasi tentang Manajer Pemasaran Produk Pertanian sering kali berfokus pada tugas-tugas administratif dan strategis, seperti membuat rencana pemasaran dan mengelola anggaran. Namun, realitanya, mereka juga harus terlibat dalam aktivitas lapangan seperti survei pasar, melakukan penelitian langsung dengan petani, dan memahami masalah-masalah yang terkait dengan kebutuhan dan permintaan konsumen.

Perbedaan dengan profesi yang mirip, seperti Manajer Pemasaran di bidang lain, adalah bahwa Manajer Pemasaran Produk Pertanian harus memahami karakteristik unik dari produk pertanian, mengelola risiko yang terkait dengan produksi pertanian, dan memahami siklus musiman serta faktor-faktor iklim yang berdampak pada pasar pertanian.

Jurusan Kuliah yang Mendukung

Agribisnis
Agroteknologi
Manajemen Bisnis Pangan
Teknologi Pangan
Ilmu Komunikasi
Ekonomi Pertanian
Pemasaran
Manajemen Agroindustri
Manajemen Pemasaran
Bisnis Internasional

Contoh perusahaan atau institusi yang membutuhkan

PT Indofood
PT Charoen Pokphand Indonesia
PT Nutrifood Indonesia
PT Sierad Produce Tbk
PT Unilever Indonesia
PT Nestle Indonesia
PT Danone Indonesia
PT IndoAgri Tbk
PT Wilmar Cahaya Indonesia Tbk
PT SMART Tbk