Pekerjaan di bidang marketing atau sales melibatkan upaya untuk mempromosikan dan menjual produk atau layanan kepada calon pelanggan.
Tugas utama meliputi mengidentifikasi dan menghubungi prospek, membuat penawaran yang menarik, dan melakukan presentasi untuk meyakinkan calon pelanggan.
Pekerjaan ini juga melibatkan pemantauan dan analisis pasar, serta menjaga hubungan baik dengan pelanggan yang sudah ada.
Profil orang yang cocok untuk tipe pekerjaan Marketing atau Sales adalah seseorang yang memiliki kemampuan komunikasi yang baik, mampu beradaptasi dengan cepat, serta memiliki jiwa yang kompetitif.
Sebagai seorang marketer atau sales, mereka harus dapat membangun hubungan dengan pelanggan potensial dan memiliki kemampuan persuasif yang kuat untuk menghasilkan hasil yang baik.
Jika kamu adalah seseorang yang kurang ekstrovert, tidak suka berinteraksi dengan orang lain, dan kurang memiliki kemampuan persuasif, kemungkinan kamu tidak cocok dengan pekerjaan di bidang marketing atau sales.
Miskonsepsi tentang profesi marketing adalah bahwa pekerjaannya hanya mengenai promosi dan iklan, padahal sebenarnya meliputi riset pasar, analisis data, dan strategi penjualan.
Ekspektasi tentang profesi sales seringkali dianggap mudah dan hanya mengenai menghasilkan penjualan besar, namun dalam realitanya pekerjaan ini melibatkan hubungan pelanggan, negosiasi, dan pemahaman produk yang mendalam.
Perbedaan dengan profesi yang mirip seperti advertising atau public relations adalah bahwa marketing lebih berfokus pada keseluruhan strategi pemasaran perusahaan, sedangkan advertising berkaitan dengan kreativitas dalam promosi produk dan public relations bertanggung jawab dalam membangun hubungan positif dengan publik.