Sebagai Marketing Communications Officer, tugas utama adalah mengembangkan dan melaksanakan strategi komunikasi pemasaran untuk mempromosikan produk atau layanan perusahaan.
Melalui kegiatan pemasaran, pekerjaan ini juga melibatkan pembuatan materi promosi seperti brosur, poster, dan iklan digital.
Selain itu, tugas ini juga memerlukan kerjasama dengan berbagai departemen internal dan eksternal untuk mendapatkan informasi dan memastikan pesan pemasaran yang disampaikan sesuai dengan visi dan misi perusahaan.
Profil orang yang cocok untuk tipe pekerjaan Marketing Communications Officer adalah seorang yang kreatif, memiliki kemampuan komunikasi yang kuat, dan mampu menghasilkan strategi pemasaran yang efektif.
Dalam posisi ini, seseorang juga perlu memiliki kepemimpinan yang baik, dapat bekerja dalam tim, serta memiliki pemahaman mendalam tentang tren terbaru di dunia pemasaran.
Jika kamu adalah seorang yang tidak kreatif, kurang mampu berkomunikasi dengan baik, dan tidak memiliki bakat dalam mengelola kampanye pemasaran, kamu tidak cocok menjadi Marketing Communications Officer.
Miskonsepsi tentang Marketing Communications Officer adalah ekspektasi bahwa pekerjaan mereka hanya tentang promosi dan iklan tanpa memperhatikan strategi komunikasi secara menyeluruh.
Realitanya, Marketing Communications Officer juga bertanggung jawab dalam pengelolaan merek, riset pasar, manajemen hubungan pelanggan, dan pengembangan strategi pemasaran yang efektif.
Perbedaan dengan profesi mirip seperti Public Relations Officer adalah Marketing Communications Officer lebih berfokus pada aspek pemasaran dan promosi produk, sementara Public Relations Officer lebih berfokus pada menjaga hubungan baik dengan media, pelanggan, dan masyarakat secara keseluruhan.