Tugas dalam pekerjaan di bidang marketing otomotif adalah mempromosikan dan memasarkan produk-produk otomotif kepada konsumen.
Pekerjaan ini melibatkan analisis pasar, pengembangan strategi pemasaran, serta pelaksanaan kampanye promosi untuk mencapai target penjualan.
Selain itu, pekerjaan di bidang marketing otomotif juga melibatkan hubungan dengan dealer dan mitra bisnis lainnya, serta memastikan kepuasan konsumen dalam proses pembelian produk otomotif.
Profil orang yang cocok untuk tipe pekerjaan Marketing Otomotif adalah seorang yang memiliki pengetahuan dan minat yang mendalam tentang industri otomotif, mampu berkomunikasi dengan baik, dan memiliki kemampuan analisis yang kuat untuk merumuskan strategi pemasaran yang efektif.
Sebagai seorang marketer otomotif, individu tersebut juga harus memiliki kemampuan negosiasi yang baik, kreatif dalam mendapatkan ide pemasaran yang inovatif, dan memiliki kemampuan menjalin hubungan yang baik dengan pelanggan dan mitra bisnis.
Jika kamu adalah seorang yang tidak tertarik dengan otomotif, tidak memiliki pengetahuan tentang industri otomotif, dan kurang mampu berkomunikasi dengan baik kepada pelanggan tentang produk otomotif, kemungkinan kamu akan tidak cocok dengan pekerjaan ini.
Miskonsepsi tentang profesi Marketing otomotif adalah bahwa pekerjaannya hanya mengelola iklan dan promosi mobil, padahal sebenarnya mereka juga bertanggung jawab untuk menyusun strategi pemasaran yang efektif dan memahami tren pasar otomotif.
Ekspektasi yang salah adalah bahwa profesi Marketing otomotif hanya berhubungan dengan penjualan mobil, padahal mereka juga harus mengurus pemasaran suku cadang, aksesori mobil, dan layanan purna jual.
Perbedaan dengan profesi yang mirip, seperti Sales otomotif, adalah bahwa Sales lebih fokus pada menjual produk secara langsung kepada pelanggan, sementara Marketing berfokus pada menyusun strategi pemasaran untuk mencapai target penjualan dan membangun brand awareness.