Sebagai Marketing Staff untuk hotel dan pariwisata, tugas utama adalah mengembangkan strategi pemasaran untuk meningkatkan citra dan penjualan hotel.
Tanggung jawab meliputi mengatur promosi hotel, mengelola media sosial, mengadakan kerjasama dengan agen perjalanan dan pihak terkait lainnya.
Selain itu, pekerjaan ini juga melibatkan analisis pasar, memantau kompetitor, serta melaksanakan kegiatan pemasaran untuk menarik tamu baru dan meningkatkan tingkat okupansi hotel.
Seorang yang kreatif, memiliki kemampuan komunikasi yang baik, dan memiliki pengetahuan mendalam dalam industri perhotelan dan pariwisata akan cocok untuk posisi Marketing Staff di bidang Hotel dan Pariwisata.
Kemampuan untuk berpikir strategis dalam memasarkan hotel dan produk pariwisata, serta memiliki wawasan tentang tren terkini dalam industri tersebut juga merupakan hal yang penting.
Jika kamu memiliki minat yang rendah dalam dunia perhotelan dan pariwisata, kemungkinan kamu tidak cocok dengan pekerjaan ini.
Ekspektasi: Sebagai Marketing Staff di Hotel dan Pariwisata, orang mungkin berharap mendapatkan kesempatan untuk bepergian dan mengunjungi destinasi yang indah. Realita: Sebenarnya, pekerjaan ini lebih fokus pada perencanaan promosi, strategi pemasaran, dan berhubungan dengan pelanggan serta mitra bisnis.
Ekspektasi: Marketing Staff akan melibatkan diri dalam kegiatan yang seru dan kreatif, seperti membuat materi promosi yang menarik dan mengatur event-event menarik. Realita: Meskipun ada tugas-tugas kreatif, pekerjaan ini juga melibatkan analisis data, penelitian pasar, dan mengelola anggaran pemasaran.
Perbedaan dengan profesi yang mirip: Dibandingkan dengan profesi Public Relations di industri Hotel dan Pariwisata, Marketing Staff fokus pada aspek promosi dan pemasaran produk atau layanan tertentu, sedangkan Public Relations bertugas untuk membangun hubungan baik dengan media dan memperkuat citra publik perusahaan.