Pekerjaan ini melibatkan mengawasi dan menganalisis evaluasi program psikologi pendidikan Islam.
Tugas utama meliputi mengumpulkan data evaluasi, menganalisis hasil evaluasi, dan menyusun laporan evaluasi program.
Selain itu, pekerjaan ini juga melibatkan komunikasi dengan tim pelaksana program serta menyampaikan rekomendasi perbaikan berdasarkan hasil evaluasi.
Profil orang yang cocok untuk tipe pekerjaan ini adalah seorang yang memiliki pengetahuan mendalam tentang psikologi pendidikan Islam, memiliki kemampuan analisis yang baik, dan dapat melakukan pemantauan evaluasi program dengan teliti.
Kemampuan komunikasi yang baik juga diperlukan untuk dapat berinteraksi dengan baik dengan berbagai pihak terkait dalam melaksanakan tugas ini.
Jika kamu tidak memiliki latar belakang dalam psikologi, kurang menguasai prinsip-prinsip pendidikan Islam, dan kurang minat dalam melakukan evaluasi program, kemungkinan kamu akan tidak cocok dengan pekerjaan ini.
Miskonsepsi tentang profesi monitor evaluasi program psikologi pendidikan Islam adalah bahwa pekerjaannya hanya sebatas mengamati dan mencatat saja, padahal sebenarnya mereka juga melakukan analisis dan penilaian terhadap program-program tersebut.
Ekspektasi orang tentang profesi ini mungkin berpikir bahwa monitor evaluasi program psikologi pendidikan Islam hanya bekerja di satu tempat saja, padahal sebenarnya mereka dapat bekerja di berbagai lembaga atau instansi yang membutuhkan evaluasi program pendidikan Islam.
Perbedaan dengan profesi yang mirip, seperti konselor pendidikan atau psikolog pendidikan adalah bahwa monitor evaluasi program psikologi pendidikan Islam lebih fokus pada penilaian program-program pendidikan Islam secara keseluruhan, sedangkan konselor pendidikan atau psikolog pendidikan lebih berfokus pada aspek individual siswa atau peserta didik.