Sebagai Online Reputation Manager, tugas utama adalah memantau, menganalisis, dan memperbaiki citra dan reputasi perusahaan atau individu di dunia maya.
Pekerjaan ini melibatkan monitoring aktivitas online, merespon ulasan atau komentar negatif, dan mengelola konten positif untuk meningkatkan citra perusahaan atau individu.
Selain itu, juga diperlukan kemampuan untuk mengembangkan strategi pemasaran online yang efektif untuk menjaga dan meningkatkan reputasi perusahaan atau individu.
Profil orang yang cocok untuk tipe pekerjaan Online Reputation Manager adalah seorang yang memiliki pemahaman yang kuat tentang media sosial dan strategi pemasaran online, serta dapat mengelola dan memonitor reputasi online perusahaan dengan baik.
Dalam posisi ini, kemampuan analitis yang baik dan kreativitas untuk mengatasi masalah reputasi yang muncul sangat penting, sehingga seorang kandidat yang memiliki kemampuan ini akan sangat cocok dengan pekerjaan Online Reputation Manager.
Jika kamu adalah seseorang yang tidak memiliki kemampuan komunikasi yang baik, kurang bisa mengelola konflik, dan tidak dapat membangun hubungan yang kuat dengan klien atau pelanggan, kemungkinan kamu tidak cocok menjadi Online Reputation Manager.
Ekspektasi tentang profesi Online Reputation Manager adalah bahwa mereka dapat sepenuhnya mengendalikan dan memperbaiki reputasi online seseorang atau perusahaan dengan cepat. Namun, realitanya adalah bahwa membangun reputasi yang baik membutuhkan waktu dan upaya yang konsisten.
Perbedaan utama antara profesi Online Reputation Manager dan Digital Marketing Manager adalah tujuan akhir mereka. Online Reputation Manager fokus pada memperbaiki dan melindungi reputasi online suatu entitas, sedangkan Digital Marketing Manager bertanggung jawab untuk mempromosikan merek dan menghasilkan penjualan.
Miskonsepsi lain tentang profesi Online Reputation Manager adalah bahwa mereka hanya bertanggung jawab dalam mengelola situs media sosial. Sebenarnya, pekerjaan mereka melibatkan pemantauan aktif dan pengelolaan ulasan, komentar, dan berita negatif di seluruh platform online untuk menjaga dan membangun reputasi yang positif.