Pekerjaan pemasar hasil perikanan melibatkan pemasaran dan penjualan produk-produk perikanan kepada konsumen.
Tugas utama meliputi mencari pelanggan potensial, melakukan negosiasi harga, dan menjaga hubungan baik dengan konsumen yang sudah ada.
Selain itu, pekerjaan ini juga melibatkan pemantauan pasar, analisis tren konsumen, dan pengembangan strategi pemasaran untuk meningkatkan penjualan produk perikanan.
Profil orang yang cocok untuk tipe pekerjaan Pemasar Hasil Perikanan adalah seseorang yang memiliki pengetahuan dan pemahaman yang baik tentang industri perikanan, memiliki kemampuan komunikasi yang kuat, serta mampu melakukan negosiasi dengan baik.
Sebagai seorang Pemasar Hasil Perikanan, orang tersebut juga harus memiliki kemampuan analisis pasar dan pemahaman yang baik tentang preferensi konsumen untuk memaksimalkan penjualan produk perikanan.
Orang yang tidak cocok dengan pekerjaan ini adalah mereka yang tidak memiliki minat atau pengetahuan dalam bidang perikanan, tidak memiliki kemampuan komunikasi yang baik, serta tidak mampu beradaptasi dengan perubahan pasar yang cepat.
Ekspektasi: Seorang pemasar hasil perikanan dianggap hanya berurusan dengan penjualannya. Realita: Seorang pemasar hasil perikanan juga harus mengerti tentang aspek produksi, pasokan, kualitas produk, dan mengikuti peraturan tentang keamanan pangan.
Ekspektasi: Seorang pemasar hasil perikanan dianggap hanya bekerja di lingkup lokal. Realita: Seorang pemasar hasil perikanan juga dapat terlibat dalam bisnis ekspor dan impor internasional, menjalin kerjasama dengan pembeli dari berbagai negara
Perbedaan dengan profesi yang mirip: Pemasar hasil perikanan berfokus pada pemasaran produk-produk perikanan, sementara pembudidaya ikan berfokus pada memproduksi dan memelihara ikan.