Sebagai pemimpin tim pelayanan publik, tugas utama adalah mengoordinasikan dan memimpin anggota tim dalam memberikan pelayanan yang baik dan efektif kepada masyarakat.
Melakukan pengawasan dan evaluasi terhadap kinerja anggota tim serta memastikan bahwa proses pelayanan publik berjalan sesuai dengan standar yang telah ditetapkan.
Selain itu, pekerjaan ini juga melibatkan berbagai tugas administratif, termasuk membuat laporan tentang kinerja tim dan melakukan koordinasi dengan pihak-pihak terkait dalam rangka meningkatkan kualitas pelayanan publik.
Seorang pemimpin tim pelayanan publik yang cocok adalah seseorang yang memiliki kepemimpinan yang kuat, kemampuan untuk mengarahkan dan memotivasi anggota tim. Mereka juga harus memiliki keterampilan interpersonal yang baik dan kemampuan untuk berkomunikasi dengan berbagai pihak.
Jika kamu adalah seseorang yang tidak memiliki keterampilan komunikasi yang baik, tidak empati terhadap kebutuhan masyarakat, dan tidak memiliki keterampilan dalam mengelola tim, kemungkinan kamu tidak cocok menjadi seorang Pemimpin Tim Pelayanan Publik.
Miskonsepsi tentang profesi Pemimpin Tim Pelayanan Publik adalah bahwa mereka hanya bertugas mengatur tugas dan tanggung jawab anggota tim, padahal mereka juga harus bertanggung jawab secara langsung dalam memberikan pelayanan publik kepada masyarakat.
Ekspektasi terhadap Pemimpin Tim Pelayanan Publik seringkali mengharapkan mereka memiliki kemampuan komunikasi yang sempurna dan dapat secara instan memecahkan semua masalah, padahal mereka juga manusia yang tidak selalu memiliki semua jawaban.
Perbedaan dengan profesi yang mirip seperti manajer atau supervisor adalah bahwa Pemimpin Tim Pelayanan Publik memiliki fokus pada memberikan pelayanan publik yang berkualitas kepada masyarakat, sementara manajer atau supervisor biasanya lebih berfokus pada mengatur proses dan sumber daya tim.