Sebagai seorang pendamping belajar inklusif, tugas utama saya adalah membantu siswa-siswa dengan kebutuhan khusus dalam belajar di lingkungan sekolah yang inklusif.
Saya akan bekerja sama dengan guru dan tim pendidikan lainnya untuk menyusun program pembelajaran yang sesuai dengan kebutuhan siswa-siswa tersebut.
Selain itu, saya juga akan memberikan dukungan dan bimbingan individu kepada siswa-siswa inklusif agar mereka bisa mengikuti pelajaran secara efektif dan merasa termotivasi dalam belajar.
Seorang yang cocok untuk menjadi pendamping belajar inklusif adalah seseorang yang memiliki empati tinggi, kemampuan mengkomunikasikan dengan baik, dan memiliki keahlian dalam melibatkan dan memotivasi semua siswa dengan berbagai kebutuhan belajar.
Ketika bekerja sebagai pendamping belajar inklusif, individu ini harus mampu bersikap sabar, fleksibel, dan mengerti kebutuhan serta perbedaan individu siswa secara mendalam.
Jika kamu tidak memiliki kesabaran, empati, dan keinginan untuk membantu individu dengan kebutuhan khusus dalam proses pembelajaran, kemungkinan kamu tidak cocok dengan pekerjaan pendamping belajar inklusif.
Miskonsepsi tentang pendamping belajar inklusif adalah bahwa mereka hanya membantu siswa dengan kebutuhan khusus. Namun, dalam realita, mereka juga bekerja dengan siswa lain yang membutuhkan bantuan tambahan dalam belajar.
Ekspektasi yang salah tentang pendamping belajar inklusif adalah bahwa mereka akan langsung membuat siswa menjadi jenius dalam waktu singkat. Namun, realita adalah bahwa perkembangan belajar setiap siswa berbeda-beda dan butuh waktu serta kesabaran.
Perbedaan antara pendamping belajar inklusif dengan tutor konvensional adalah bahwa pendamping belajar inklusif memiliki pengetahuan dan keterampilan khusus dalam mendukung siswa dengan berbagai kebutuhan belajar, sementara tutor konvensional lebih fokus pada materi pelajaran secara umum.