Pekerjaan sebagai peneliti administrasi melibatkan mengumpulkan, menganalisis, dan menginterpretasi data dan informasi yang berkaitan dengan pengelolaan administrasi di suatu organisasi.
Tugas utama meliputi merancang dan melaksanakan survei, wawancara, dan observasi untuk mengumpulkan data yang relevan dengan tujuan penelitian administrasi.
Selain itu, pekerjaan ini juga melibatkan analisis data menggunakan metode statistik dan penulisan laporan yang menyajikan temuan dan rekomendasi penelitian administrasi yang relevan.
Profil orang yang cocok untuk tipe pekerjaan Peneliti Administrasi adalah seseorang yang memiliki kemampuan analisis yang baik, teliti dalam pengumpulan data, dan mampu menginterpretasikan hasil penelitian dengan baik.
Dalam pekerjaan ini, seorang peneliti administrasi juga harus memiliki kemampuan komunikasi yang baik untuk dapat mempresentasikan hasil penelitian kepada pihak-pihak terkait secara jelas dan efektif.
Jika kamu adalah seorang yang tidak tertarik dengan analisis data, kurang memiliki kemampuan riset, dan tidak detail-oriented, kemungkinan kamu tidak cocok dengan pekerjaan ini.
Miskonsepsi tentang profesi Peneliti Administrasi adalah bahwa pekerjaannya hanya terbatas pada pengolahan data dan menghasilkan laporan, padahal dalam realita, mereka juga terlibat dalam merancang kebijakan dan strategi administrasi organisasi.
Ekspektasi yang salah tentang Peneliti Administrasi adalah bahwa mereka hanya bekerja di dalam ruangan dan tidak terlibat dalam interaksi sosial, padahal sebenarnya mereka juga harus melakukan wawancara dan penelitian lapangan untuk mengumpulkan data yang diperlukan.
Perbedaan antara profesi Peneliti Administrasi dengan profesi yang mirip, seperti Analis Bisnis, terletak pada fokusnya. Peneliti Administrasi lebih berfokus pada aspek administrasi dan manajemen organisasi, sedangkan Analis Bisnis lebih berfokus pada analisis data untuk memberikan rekomendasi dalam pengambilan keputusan bisnis.