Pekerjaan di bidang administrasi hotel melibatkan tugas-tugas pengelolaan dan pemrosesan data administratif terkait operasional hotel.
Tugas utama meliputi pengumpulan, penginputan, dan pengolahan data tamu, reservasi kamar, check-in dan check-out, serta pembayaran.
Selain itu, pekerjaan ini juga melibatkan komunikasi dengan tamu, staf hotel, dan pihak terkait lainnya untuk memastikan semua proses administratif terkait kegiatan operasional hotel berjalan lancar.
Seorang yang terorganisir, memiliki ketelitian yang tinggi, dan mampu bekerja dengan efisiensi akan cocok dengan pekerjaan Staff Administrasi Hotel.
Mengingat tugasnya yang beragam dan sering kali datang dari berbagai departemen, kandidat yang dapat berkomunikasi dengan baik, memiliki sikap ramah, dan dapat bekerja dengan tim juga sangat diinginkan.
Jika kamu tidak teratur, sulit dalam mengatur banyak tugas sekaligus, dan tidak memiliki kemampuan dalam bekerja dengan detail, kemungkinan kamu tidak cocok dengan pekerjaan sebagai staff administrasi hotel.
Ekspektasi: Staff Administrasi Hotel hanya bertanggung jawab untuk menerima dan merespons telepon serta melayani tamu. Realita: Selain tugas-tugas administratif, mereka juga harus mengelola reservasi, mengurus check-in dan check-out, menangani keluhan tamu, serta berkoordinasi dengan berbagai departemen di hotel.
Staff Administrasi Hotel seringkali dianggap memiliki waktu luang karena mereka tidak terlibat langsung dalam pelayanan tamu. Padahal dalam realita, mereka harus siap berada di meja penerimaan sehingga mampu memberikan informasi yang akurat dan membantu tamu dengan segala kebutuhan mereka.
Terdapat perbedaan antara Staff Administrasi Hotel dan Resepsionis Hotel. Staff Administrasi Hotel lebih fokus pada tugas-tugas administratif dan koordinasi di belakang layar, sementara Resepsionis Hotel bertanggung jawab langsung dalam melayani tamu, check-in, check-out, serta memberikan informasi dan dukungan kepada tamu selama menginap.