Sebagai peneliti ilmu pendidikan, tugas utama adalah melakukan penelitian untuk mengidentifikasi tren dan isu dalam dunia pendidikan.
Selain itu, pekerjaan ini juga melibatkan pengumpulan dan analisis data, serta menyusun laporan penelitian yang dapat digunakan sebagai dasar pengambilan keputusan dalam bidang pendidikan.
Sebagai peneliti, penting untuk membangun jaringan dan bekerja sama dengan institusi pendidikan dan pihak terkait lainnya dalam rangka memperoleh data yang akurat dan memperluas pengetahuan dalam bidang ilmu pendidikan.
Profil orang yang cocok untuk tipe pekerjaan Peneliti Ilmu Pendidikan adalah seseorang yang memiliki memiliki keingintahuan yang tinggi terhadap dunia pendidikan, memiliki keterampilan analisis yang kuat, dan memiliki kemampuan dalam melakukan penelitian kualitatif dan kuantitatif.
Dalam pekerjaan ini, juga penting bagi seorang peneliti ilmu pendidikan untuk memiliki keterampilan presentasi yang baik dan kemampuan dalam menulis laporan penelitian yang jelas dan terstruktur.
Jika kamu tidak memiliki minat besar dalam penelitian, kurang sabar dalam mengumpulkan dan menganalisis data, serta tidak tertarik dengan bidang pendidikan, kemungkinan kamu tidak cocok dengan pekerjaan sebagai peneliti ilmu pendidikan.
Miskonsepsi tentang profesi peneliti ilmu pendidikan adalah bahwa pekerjaannya hanya mencari jawaban atas pertanyaan-pertanyaan teoritis tanpa dampak nyata pada dunia pendidikan.
Ekspektasi bahwa peneliti ilmu pendidikan hanya melakukan penelitian di dalam laboratorium, sementara realitanya mereka juga harus terlibat langsung dalam pengumpulan data di sekolah-sekolah.
Perbedaan dengan profesi yang mirip, seperti guru atau konsultan pendidikan, adalah bahwa peneliti ilmu pendidikan lebih fokus pada pengumpulan dan analisis data untuk menghasilkan temuan yang dapat digunakan untuk meningkatkan sistem pendidikan secara keseluruhan.