Peneliti Pasar Di Perusahaan Riset Pasar

  Profil Profesi

Pekerjaan sebagai peneliti pasar di perusahaan riset pasar melibatkan pengumpulan dan analisis data untuk menyediakan informasi yang relevan kepada klien.

Tugas utama meliputi merancang dan melaksanakan survei, wawancara, dan pengumpulan data lainnya untuk memahami perilaku dan preferensi konsumen.

Selain itu, pekerjaan ini juga melibatkan menganalisis data yang telah dikumpulkan untuk menghasilkan laporan dan rekomendasi yang berguna bagi klien dalam pengambilan keputusan bisnis.

Apa saya cocok bekerja sebagai Peneliti Pasar di Perusahaan Riset Pasar?

Profil orang yang cocok untuk tipe pekerjaan Peneliti Pasar di Perusahaan Riset Pasar adalah seseorang yang analitis, memiliki keterampilan dalam pengumpulan dan analisis data, serta memiliki kemampuan berpikir kreatif untuk menafsirkan tren pasar yang kompleks.

Sebagai peneliti pasar, seorang kandidat juga harus memiliki kemampuan komunikasi yang baik, baik secara lisan maupun tulisan, serta memiliki kepekaan terhadap perubahan dalam kebutuhan dan preferensi konsumen.

Jika kamu tidak memiliki kemampuan analitis yang kuat, kurang terbiasa dengan data numerik, dan tidak senang melakukan riset mendalam, kemungkinan kamu tidak cocok dengan pekerjaan sebagai peneliti pasar di perusahaan riset pasar.

Konsep, ekspektasi dan realita

Miskonsepsi tentang profesi Peneliti Pasar adalah bahwa pekerjaan ini hanya melibatkan pengumpulan data dan membuat analisis, padahal sebenarnya Peneliti Pasar juga harus memiliki kemampuan dalam membuat rekomendasi strategis dan memberikan wawasan bisnis kepada klien.

Ekspektasi yang salah tentang profesi Peneliti Pasar adalah bahwa pekerjaan ini hanya dilakukan di dalam ruangan dan tidak membutuhkan interaksi dengan orang lain. Namun, realitanya, Peneliti Pasar harus aktif berkomunikasi dengan klien, responden, dan timnya untuk memastikan keberhasilan proyek penelitian.

Perbedaan dengan profesi yang mirip, seperti Sales dan Pemasaran, adalah bahwa Peneliti Pasar lebih berfokus pada menganalisis data dan tren pasar secara objektif, sedangkan Sales dan Pemasaran lebih berfokus pada menjangkau konsumen dan mempromosikan produk atau layanan.

Jurusan Kuliah yang Mendukung

Ilmu Komunikasi
Statistika
Psikologi
Ekonomi
Sosiologi
Antropologi
Matematika
Teknik Informatika
Perencanaan Wilayah dan Kota
Geografi

Contoh perusahaan atau institusi yang membutuhkan

Nielsen
Kantar Worldpanel
Ipsos Indonesia
MARS Research
MarkPlus Insight
Millward Brown Indonesia
ProPS (Progressive Opinion Surveys)
SMG Insight
Indo Barometer
Visi Riset Indonesia