Konsultan Penelitian Pasar

  Profil Profesi

Pekerjaan sebagai Konsultan Penelitian Pasar melibatkan analisis dan evaluasi data pasar untuk memberikan wawasan yang diperlukan kepada klien.

Tugas utama meliputi merancang metodologi penelitian, mengumpulkan data primer dan sekunder, menganalisis data menggunakan alat statistik, dan menyusun laporan penelitian pasar.

Selain itu, pekerjaan ini juga melibatkan interaksi dengan klien untuk memahami kebutuhan penelitian mereka dan memberikan rekomendasi berdasarkan temuan penelitian.

Apa saya cocok bekerja sebagai Konsultan Penelitian Pasar?

Profil orang yang cocok untuk tipe pekerjaan Konsultan Penelitian Pasar adalah seorang yang analitis, memiliki kemampuan komunikasi yang baik, dan mampu mengolah data dengan efektif untuk mendapatkan insight yang berharga bagi klien mereka.

Karena sifat pekerjaan yang membutuhkan analisis mendalam tentang perilaku konsumen dan tren pasar, seorang kandidat juga harus memiliki kepekaan terhadap detail dan kemampuan dalam menyampaikan hasil penelitian secara jelas dan persuasif.

Jika kamu tidak memiliki kemampuan analitis yang kuat dan tidak bisa beradaptasi dengan perubahan yang cepat di pasar, kemungkinan kamu tidak cocok dengan pekerjaan ini.

Konsep, ekspektasi dan realita

Ekspektasi: Seorang Konsultan Penelitian Pasar akan selalu memiliki jawaban yang tepat atas semua pertanyaan terkait pasar dan konsumen. Realita: Sebenarnya, seorang Konsultan Penelitian Pasar juga perlu melakukan banyak riset dan analisis sebelum dapat memberikan jawaban yang akurat dan berdasarkan data.

Miskonsepsi: Profesi Konsultan Penelitian Pasar hanya berfokus pada survei dan wawancara langsung dengan konsumen. Realita: Selain melakukan survei, seorang Konsultan Penelitian Pasar juga harus mengolah data dan menganalisis tren pasar untuk memberikan rekomendasi yang sesuai untuk klien.

Perbedaan dengan profesi mirip: Konsultan Penelitian Pasar berbeda dengan Ahli Pemasaran karena fokus seorang Konsultan Penelitian Pasar adalah pada analisis data dan penelitian yang mendalam tentang pasar dan konsumen, sementara Ahli Pemasaran lebih berperan dalam merencanakan dan melaksanakan strategi pemasaran untuk mengoptimalkan penjualan produk atau layanan.

Jurusan Kuliah yang Mendukung

Manajemen Bisnis
Ekonomi
Statistik
Psikologi
Komunikasi
Sosiologi
Ilmu Komputer
Komunikasi Bisnis
Pemasaran
Administrasi Bisnis

Contoh perusahaan atau institusi yang membutuhkan

Nielsen
Kantar
Research and Development Consulting
MarkPlus Insight
Ipsos
MMR Research Worldwide Indonesia
Millward Brown
Indopolling
Majalah Marketing (PT Visimedia Prima Indonesia)
PricewaterhouseCoopers Indonesia