Seorang peneliti pendidikan kimia melakukan studi dan analisis tentang pembelajaran dan pengajaran kimia di lingkungan pendidikan.
Tugas utamanya meliputi merancang dan melaksanakan eksperimen dalam pembelajaran kimia, menganalisis data yang dikumpulkan, dan menginterpretasikan hasil penelitian.
Selain itu, peneliti pendidikan kimia juga melakukan pengembangan kurikulum kimia, pelatihan guru, dan memberikan rekomendasi untuk meningkatkan efektivitas pembelajaran kimia.
Profil orang yang cocok untuk tipe pekerjaan Peneliti Pendidikan Kimia adalah seorang yang memiliki latar belakang pendidikan kimia yang kuat, memiliki kemampuan analisis yang baik, dan mampu melakukan penelitian secara cermat dan teliti. Profil orang yang cocok untuk tipe pekerjaan ini juga harus memiliki keinginan yang besar dalam bidang pendidikan dan kemauan untuk terus belajar dan mengembangkan diri.
Jika kamu memiliki ketidaktelitian dan kurang mampu melakukan analisis mendalam, maka kamu tidak cocok untuk menjadi peneliti pendidikan kimia.
Miskonsepsi tentang profesi Peneliti Pendidikan Kimia adalah bahwa pekerjaannya hanya sebatas mengajar di kelas atau melakukan eksperimen di lab, padahal sebenarnya mereka juga melakukan studi mendalam tentang efektivitas metode pembelajaran kimia.
Ekspektasi terhadap Peneliti Pendidikan Kimia seringkali berhubungan dengan harapan mereka dapat menciptakan perubahan besar dalam pembelajaran kimia di sekolah, namun realitanya, perubahan itu terjadi secara bertahap dan membutuhkan waktu yang lama.
Perbedaan utama dengan profesi yang mirip seperti guru kimia adalah, Peneliti Pendidikan Kimia lebih fokus pada penelitian dan pengembangan metode pembelajaran kimia yang inovatif dan efektif, sedangkan guru kimia lebih fokus pada pengajaran langsung di kelas.