Pekerjaan sebagai peneliti pendidikan non formal melibatkan pengumpulan dan analisis data serta informasi tentang program-program pendidikan yang dilakukan di luar sistem formal.
Tugas utamanya mencakup wawancara dengan peserta didik, pengamatannya tentang pelaksanaan program, serta pengumpulan data kualitatif dan kuantitatif terkait dengan pendidikan non formal.
Selain itu, peneliti pendidikan non formal juga bertugas untuk menganalisis hasil penelitian dan menyusun laporan yang dapat digunakan sebagai acuan dalam pengembangan program pendidikan non formal yang lebih baik.
Profil orang yang cocok untuk tipe pekerjaan Peneliti Pendidikan Non Formal adalah yang memiliki latar belakang pendidikan yang kuat dalam bidang pendidikan, memiliki minat dalam menganalisis dan memahami peran pendidikan non formal dalam masyarakat, serta memiliki keterampilan analitis yang baik.
Seorang peneliti pendidikan non formal juga harus memiliki kemampuan komunikasi yang baik, ketekunan dalam melakukan penelitian, serta dapat bekerja secara mandiri dan tim.
Jika Anda tidak tertarik dalam melakukan riset, kurang memiliki keinginan untuk belajar mengenai pendidikan non formal, dan tidak memiliki kemampuan analisis yang kuat, maka Anda mungkin tidak cocok dengan pekerjaan sebagai peneliti pendidikan non formal.
Miskonsepsi tentang profesi Peneliti Pendidikan Non Formal adalah bahwa mereka hanya melakukan penelitian di luar lingkungan sekolah, padahal sebenarnya mereka juga dapat melakukan penelitian di dalam sekolah yang mengadopsi pendekatan pendidikan non formal.
Salah satu ekspektasi yang mungkin salah adalah bahwa Peneliti Pendidikan Non Formal hanya berkutat pada penelitian kualitatif, sedangkan realitanya mereka juga dapat menggunakan metode penelitian kuantitatif.
Perbedaan dengan profesi yang mirip, seperti Tenaga Pengajar Pendidikan Non Formal, adalah bahwa Peneliti Pendidikan Non Formal lebih fokus pada aspek penelitian dan pengembangan ilmu pengetahuan, sementara Tenaga Pengajar Pendidikan Non Formal fokus pada pengajaran dan pendampingan dalam pembelajaran di luar lingkungan sekolah.