Pekerjaan ini melibatkan pengelolaan dan penyelenggaraan program pembinaan untuk guru-guru Madrasah Ibtidaiyah.
Tugas utama meliputi perencanaan, pengorganisasian, dan pemantauan kegiatan pembinaan, serta evaluasi hasil pembinaan.
Selain itu, pekerjaan ini juga melibatkan koordinasi dengan pihak terkait, seperti Dinas Pendidikan dan madrasah lainnya, untuk memastikan program pembinaan berjalan dengan lancar dan sesuai dengan kebutuhan guru-guru Madrasah Ibtidaiyah.
Pendidik dengan pengalaman pengajaran yang luas dan keterampilan kepemimpinan yang baik akan cocok dengan pekerjaan Pengelola Program Pembinaan Guru Madrasah Ibtidaiyah.
Mereka juga harus memiliki kemampuan untuk merancang dan melaksanakan program pelatihan yang efektif untuk meningkatkan kualitas pengajaran di madrasah.
Orang yang kurang memiliki minat dalam bidang pendidikan, tidak memiliki kemampuan komunikasi yang baik, dan kurang berpengalaman dalam mengelola program pembinaan guru, kemungkinan tidak cocok dengan pekerjaan sebagai pengelola program pembinaan guru madrasah ibtidaiyah.
Miskonsepsi tentang profesi Pengelola Program Pembinaan Guru Madrasah Ibtidaiyah adalah bahwa mereka hanya perlu mengatur program tanpa melibatkan diri secara langsung dalam pembinaan guru. Namun, kenyataannya, mereka harus terlibat langsung dalam memberikan pelatihan dan mendampingi guru-guru dalam pengembangan profesional mereka.
Ekspektasi yang salah tentang profesi ini adalah bahwa pengelola program akan memiliki otoritas penuh untuk mengubah metode pengajaran dan kurikulum di madrasah. Namun, realitanya, mereka bertugas untuk memberikan saran dan dukungan kepada guru-guru dalam menerapkan prinsip-prinsip terbaik dalam pembelajaran, tetapi keputusan perubahan kurikulum tetap ada pada pihak madrasah.
Perbedaan dengan profesi yang mirip, seperti Koordinator Kurikulum, adalah bahwa Pengelola Program Pembinaan Guru Madrasah Ibtidaiyah lebih fokus pada pembinaan guru secara spesifik, termasuk pengembangan keterampilan mengajar dan kepemimpinan guru. Sementara Koordinator Kurikulum bertanggung jawab lebih pada perencanaan dan pengembangan kurikulum secara keseluruhan.