Pekerjaan sebagai Pengembang Materi Pendidikan Islam di Madrasah Ibtidaiyah melibatkan penyusunan, pengembangan, dan penyesuaian materi pembelajaran bagi siswa.
Tugas utama meliputi merancang dan menyusun kurikulum serta materi ajar yang sesuai dengan standar pendidikan nasional dan kebutuhan siswa di Madrasah Ibtidaiyah.
Selain itu, pekerjaan ini juga melibatkan kerjasama dengan guru dan pengawas sekolah dalam proses pengembangan materi serta pemantauan terhadap implementasi materi pembelajaran.
Seorang yang cocok untuk menjadi Pengembang Materi Pendidikan Islam di Madrasah Ibtidaiyah adalah seseorang yang memiliki pemahaman yang mendalam tentang ajaran agama Islam dan juga memiliki keterampilan dalam mengembangkan materi pembelajaran yang kreatif dan inovatif.
Mereka juga harus memiliki kemampuan dalam berkomunikasi dengan baik dan mampu beradaptasi dengan perubahan dalam kurikulum pendidikan.
Jika kamu tidak memiliki pemahaman yang mendalam tentang agama Islam, kurang kreatif dalam merancang materi pembelajaran, dan tidak memiliki semangat untuk bekerja dengan anak-anak, kemungkinan kamu tidak cocok dengan pekerjaan ini.
Miskonsepsi tentang profesi Pengembang Materi Pendidikan Islam di Madrasah Ibtidaiyah adalah bahwa tugas mereka hanya mengajar pelajaran agama Islam, padahal sebenarnya tugas mereka lebih luas, yaitu mengembangkan materi pendidikan yang berhubungan dengan Islam.
Ekspektasi umumnya adalah bahwa Pengembang Materi Pendidikan Islam di Madrasah Ibtidaiyah hanya menghabiskan waktunya untuk membaca dan menulis materi pendidikan Islam, namun realitanya mereka juga harus melakukan riset, mengikuti perkembangan pendidikan, dan berkolaborasi dengan guru-guru lainnya.
Perbedaan dengan profesi yang mirip, misalnya guru agama, adalah bahwa Pengembang Materi Pendidikan Islam di Madrasah Ibtidaiyah lebih fokus pada pengembangan materi dan kurikulum, sedangkan guru agama lebih fokus pada pengajaran langsung kepada siswa.