Pekerjaan ini melibatkan perencanaan dan pelaksanaan program pengembangan Bahasa Arab di sekolah.
Tugas utama termasuk merancang kurikulum, menyusun materi pembelajaran, dan mengajar siswa dalam pembelajaran Bahasa Arab.
Selain itu, pekerjaan ini juga melibatkan evaluasi dan monitoring kemajuan siswa dalam mempelajari Bahasa Arab.
Profil orang yang cocok untuk tipe pekerjaan Pengelola Program Pengembangan Bahasa Arab di sekolah adalah seorang yang fasih berbahasa Arab, memiliki pengalaman dalam pengajaran bahasa, serta memiliki kemampuan dalam merencanakan dan mengelola program pengembangan bahasa.
Jika kamu tidak memiliki keahlian dalam Bahasa Arab, kurang memiliki pengetahuan tentang program pengembangan bahasa, dan sulit bekerja dengan siswa secara personal, maka kamu tidak cocok untuk menjadi pengelola program pengembangan Bahasa Arab di sekolah.
Miskonsepsi pertama adalah bahwa pengelola program pengembangan Bahasa Arab di sekolah diharapkan memiliki kemampuan fasih dalam berbahasa Arab. Padahal, seorang pengelola program lebih fokus pada perencanaan, pengorganisasian, dan evaluasi program pembelajaran, bukan menjadi guru yang mengajar secara langsung kepada siswa.
Ekspektasi kedua yang salah adalah bahwa pengelola program ini akan memiliki cukup waktu untuk memberikan bimbingan dan dukungan langsung kepada guru bahasa Arab di sekolah. Namun, dalam kenyataannya, pengelola program sering kali memiliki banyak tugas administratif dan tanggung jawab lainnya yang membatasi waktu mereka untuk memberikan pendampingan langsung kepada guru.
Perbedaan utama antara pengelola program pengembangan Bahasa Arab di sekolah dengan profesi yang mirip, seperti guru bahasa Arab, adalah fokusnya pada level tanggung jawab. Guru bahasa Arab bertanggung jawab untuk mengajar siswa secara langsung, sementara pengelola program bertanggung jawab untuk merancang, mengelola, dan mengawasi program pembelajaran Bahasa Arab secara keseluruhan di sekolah.