Sebagai pengelola pusat perbelanjaan, tugas utama adalah memastikan operasional pusat perbelanjaan berjalan lancar.
Pekerjaan ini melibatkan pengawasan kebersihan dan keamanan area pusat perbelanjaan, serta pengelolaan penyewa dan kontrak sewa.
Selain itu, pekerjaan ini juga memerlukan koordinasi dengan tim pemasaran untuk mengatur kegiatan promosi dan acara yang menarik pelanggan.
Orang yang cocok untuk pekerjaan pengelola pusat perbelanjaan adalah seseorang yang memiliki keterampilan kepemimpinan yang kuat, dapat mengambil keputusan yang cepat dan efektif, serta memiliki kemampuan dalam mengelola anggaran dan sumber daya.
Jika kamu adalah seseorang yang tidak memiliki minat atau pengetahuan dalam industri ritel, kemungkinan kamu akan tidak cocok dengan pekerjaan ini.
Miskonsepsi tentang profesi pengelola pusat perbelanjaan adalah bahwa pekerjaannya hanya berkaitan dengan kegiatan menjaga dan membersihkan gedung, padahal sebenarnya mereka juga bertanggung jawab dalam pengelolaan dan pengawasan terhadap penyewa dan pengunjung pusat perbelanjaan.
Ekspektasi yang salah adalah menganggap bahwa pengelola pusat perbelanjaan hanya perlu duduk di meja dan mengurus administrasi, tetapi kenyataannya mereka juga harus siap melakukan tugas-tugas operasional, seperti merespon keluhan pelanggan, menangani permasalahan keamanan, dan bekerja di luar jam kerja normal.
Perbedaan dengan profesi yang mirip, seperti pengelola properti komersial, adalah bahwa pengelola pusat perbelanjaan memiliki tugas yang lebih spesifik, yaitu mengelola seluruh operasional pusat perbelanjaan, sementara pengelola properti komersial biasanya lebih fokus pada pengelolaan properti, tanpa melibatkan pengelolaan toko-toko dan fasilitas lainnya di dalamnya.